Tertuang Dalam RPJMD, Janji Aher-Demiz Akan Diperdakan

by -86 views

Tertuang Dalam RPJMD, Janji Aher-Demiz Akan Diperdakan

Jatinangorku.com – Delapan janji kampanye Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur, Deddy Mizwar akan segera direalisasikan. Pembahasannya akan dimulai hari ini. Delapan janji kampanye itu akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Pembahasan RPJMD kali ini cukup formal sebab akan melibatkan 4 wilayah perwakilan di Jabar.

“Mulai besok (hari ini, red) kita akan keliling ke wilayah-wilayah untuk membahas RPJMD. Pembahasan pertama besok (hari ini, red) dilaksanakan di wilayah Bogor. Kemudian lusanya akan membahas dengan seluruh stake holder di wilayah Purwakarta. Berikutnya Bogor dan terakhir di Garut,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Juanda kepada wartawan usai rapat pimpinan di Gedung Sate, Jln. Diponegoro Bandung, Senin (2/9).

Menurutnya, pembahasan RPJMD dilakuan antara forum dari provinsi dengan kabupaten/kota yang tergabung dalam wilayah perwakilan. Pihaknya merencanakan November atau paling lambat Desember tahun ini, RPJMD 2013-2018 tersebut sudah disahkan dalam bentuk peraturan daerah (perda). Sebab sesuai UU, janji kampanye itu harus sudah diperdakan melalui RPJMD maksimal 6 bulan setelah pelantikan.

“Sebenarnya, dulu pembahasan RPJMD itu sudah ada, tapi tidak formal. Dulu hanya lebih kepada sosialisasi saja. Kalau sekarang, pembahasannya diformalkan dan sudah diatur dalam Permendagri. Alasannya, agar ada bukti-bukti bahwa RPJMD tersebut sempat dibahas dan ada berita acaranya,” kata Deny.

Dengan roadshow ke wilayah-wilayah itu, katanya, akan lebih diketahui lagi keinginan wilayah untuk mengimplementasikan janji-janji kampanye dalam RPJMD. Terlebih, kepala daerah juga akan diundang dalam pembahasan tersebut. Selain itu, bisa jadi detail 8 janji kampanye itu ada perbedaan-perbedaan di daerah, khususnya yang menyangkut pendidikan.

Deny menyebutkan, ke-8 janji kampanye gubernur dan wakil gubernur adalah pendidikan gratis bagi siswa SMA. Pemberian beasiswa bagi pemuda, anak atlet, dan guru. Kemudian revitalisasi posyandu, penciptaan dua juta lapangan pekerjaan dan penciptaan 100.000 wirausaha baru.

Di samping itu, penganggaran Rp 4 triliun untuk pembangunan infrastruktur desa dan perdesaan. Anggaran ini untuk direalisasikan dalam jangka waktu lima tahun. Jadi, setiap tahun mencapai Rp 800 miliar. Program ini merupakan program lanjutan, sebab tahun ini programnya sudah dimulai.

Janji kampanye lainnya adalah rehabilitasi 100.000 rumah tak layak huni. Pembangunan pusat seni dan budaya Jabar di kabupaten/kota. Dan pembangunan gelanggang olahraga di kabupaten/kota. Meskipun pembangunannya tidak dilakukan di setiap kabupaten/kota, tapi hanya di beberapa daerah.

Sumber : http://klik-galamedia.com