Tiap Desa di Garut Dapat Rp 250 Juta

by -10 views

Tiap Desa di Garut Dapat Rp 250 Juta

Jatinangorku.com – Sebanyak Rp 13 miliar digelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Pemerintah Kabupaten Garut untuk 52 desa. Dana dari APBN tersebut akan digunakan untuk membiayai program percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur permukiman perdesaan di Kabupaten Garut.

Bupati Garut, Agus Hamdani, mengatakan 52 desa tersebut dipilih langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Bupati berharap anggaran Rp 250 juta untuk setiap desa itu digunakan untuk pembangunan yang bermanfaat bagi sebagian besar warga desa.

“Saya kira ini semua berimbang. Dari utara sampai selatan Garut kebagian. Pusat yang tentukan setelah ada pengajuan. Kami harapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi warga,” ujarnya saat ditemui di seusai hadiri kegiatan sosialisasi program tersebut di Hotel Paseban di Jalan Oto Iskandar Di Nata, Kamis (26/9/2013).

Bupati mengatakan tim pengawas dan konsultan pembangunan akan didatangkan langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun, masyarakat harus ikut mengawasi penggunaan dana bantuan tersebut.

Sesuai dengan hasil musyawarah, masyarakat desa dapat menentukan sendiri pembangunan yang diinginkan. Selain jalan desa, pembangunan dapat dilakukan terhadap jembatan, sarana penyediaan air bersih, atau infrastruktur permukiman lainnya.

“Jangan sampai ada yang mengaku-aku telah melakukan pembangunan dan meminta bagian. Dana ini Rp 250 juta diberikan seluruhnya untuk pembangunan. Kalau ada yang selewengkan, laporkan kepada saya, akan saya minta pihak berwajib menyelesaikan secara hukum,” ucapnya.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Garut, Deni Suherlan, mengatakan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum ini merupakan kompensasi kenaikan harga BBM. Masyarakat desa, ucapnya, akan membentuk kepanitiaan untuk pelaksanaan program pembangunan ini.

“Awal Oktober program ini harus dimulai dan terealisasi. Semuanya harus beres pada akhir tahun ini. Pembangunan di desa akan membantu Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan program pembangunannya,” tuturnya.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/