Tidak Ada Calon dari Jalur Perseorangan di Pilkada Jabar 2018

by -59 views

Seperti dua penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat sebelumnya 2008 dan 2013, pada pilkada Jabar 2018 dipastikan tidak akan diramaikan oleh pasangan calon dari jalur perseorangan. Hal itu seiring dengan berakhirnya masa penyerahan berkas calon perseorangan yang telah ditutup pada Minggu, 26 November 2017 pukul 24.00 dini hari tadi. 

Hingga saat penutupan, tidak seorang pun bakal pasangan calon (bapaslon) datang dengan membawa berkas dukungan lengkap.  Berdasarkan siaran pers KPU, Senin, 27 November 2017 bakal pasangan calon Faizal Multazam-Nurwendah yang datang dua menit sebelum pendaftaran dihentikan. Mereka juga sama sekali tidak membawa bukti fisik yang dipersyaratkan. Dengan demikian pada Pilgub 27 Juni tahun depan tidak terdapat calon perseorangan seperti Pilgub 2013.

Saat memimpin acara penutupan, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengucapkan terima kasih kepada jajaran KPU Kabupaten/Kota yang mendukung kegiatan tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para bapaslon yang menunjukkan komitmen dengan datang ke KPU, meski tidak melengkapi syarat, khususnya pasangan Jajang Suherman-Mohammad Teguh HardityaEggi Sudjana-Ardi Subarkah, Daday Hudaya-Valentino Dinsi, dan terakhir pasangan Faizal Multazam-Nurwendah. 

Resmi ditutup

Khusus kepada jajaran kepolisian, Yayat mengapresiasi kinerja pengamanan sehingga tahapan penerimaan berkas pasangan calon perseorangan bisa terlaksana dengan tertib dan aman. 

“Bahkan proses ini bisa dilaksanakan oleh seluruh jajaran KPU dengan riang gembira. Kesuksesan penerimaan berkas calon perseorangan menjadi modal untuk tahapan-tahapan selanjutnya, terutama terkait pendaftaran paslon yang didukung parpol pada 8 hingga 10 Januari tahun depan,” ujar Yayat.

Acara penutupan juga dibarengi penutupan gerbang gedung KPU sebagai simbol berakhirnya tahapan penerimaan berkas calon perseorangan. Acara diakhiri secara resmi dengan rapat pleno secara terbuka. 

Sebelumnya, tercatat lima bapaslon di KPU Jabar, dan hanya satu pasangan yang tidak datang ke KPU yakni Asep Syarifudin-Dadang Suherman

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com