Tidak Terlibat Demo Ahok, MUI Jabar Kirim Surat Imbauan ke Tingkat Desa

by -27 views

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengimbau kepada seluruh umat Islam di Jabar untuk tidak ikut dalam Aksi damai yang rencananya akan dilakukan pada 2 Desember 2016. Aksi tersebut merupakan tindak lanjut tuntutan atas kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei menuturkan hal tersebut merupakan sebuah tindakan diluar sikap MUI, kendati demikian ia mengakui tidak bisa melarang masyarakat untuk tidak hadir.

“Hanya sikap MUI menghimbau untuk tidak, antara lain disinyalir bukan itu yang dituntut masalah ahok,” katanya saat mengisi acara Seminar Urgensi Perda Zakat Untuk menjadikan Jabar sebagai Provinsi Taat Zakat, di Gedung Sate, Rabu ( 23/11/2016).

Ia menjelaskan, dari informasi yang dimiliki, MUI jabar mencium ada agenda lain dari sekadar menuntut Ahok segera dipenjarakan. Sehingga menurutnya umat islam di Jabar di himbau untuk tidak terlibat.

Selanjutnya upaya himbauan yang dilakukan MUI Jabar adalah dengan mengirim surat himbauan kepada desa, kecamatan, kota/kabupaten, hingga provinsi untuk menghimbau tidak terlibat pada aksi ke tiga tersebut.

“Jangan berdasarkan keinginan hawa nafsu, jika harus turun ke jalan, maka itu bukan cara MUI,” pungkasnya.