Tiket KA Mudik Sudah Terjual 80%

by -14 views

TIKET moda transportasi kereta api untuk pemberangkatan masa mudik Lebaran hampir ludes diserbu masyarakat.

Sejak dibuka pemesanan tiket beberapa waktu lalu, masyarakat mulai merencanankan perjalan mudiknya meski Hari Raya Idul Fitri masih tiga bulan lagi.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung Zunerfin menjelaskan untuk beberapa jurusan di sejumlah daerah, seperti ke Surabaya dan Yogyakarta, tiket pemesanan tiket sudah mencapai 80%.

Waktu pemberangkatan yang paling banyak diincar, yakni tanggal 1 dan 2 Juli atau H-5 dan H-4 Lebaran. Pada tanggal itu, pemesanan tiket kereta menuju Jakarta sudah 80% terjual. Hal ini terjadi pula untuk pemberangkatan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan tingkat pemesanan tiket KA Komersial sudah mencapai 80%.

“Kalau untuk tujuan Jakarta, tanggal 1 dan 2 Juli sudah kelihatan hampir penuh, sekitar 80%. Kemudian untuk KA ke arah timur untuk tanggal 1, 2, dan 3 Juli juga 80%,” katanya saat dihubungi INILAH, Senin (4/4).

Dia melanjutkan, untuk kelas kereta ekonomi, Zunerfin mengaku untuk semua jurusan di kelas tersebut tiketnya sudah habis terjual. Khususnya untuk tanggal 1, 2, dan 3 Juli.

”Untuk KA ekonomi itu udah habis, tapi untuk tanggal di bawah tanggal 30 Juni, 29 itu masih banyak,” ungkap dia.

Dirinya mengaku memang untuk beberapa tanggal tertentu sudah habis terjual. Memang sudah ada rencana untuk menambah KA tambahan, namun pihaknya akan melihat kondisi dan permintaannya terlebih dahulu. Dirinya belum mengungkapkan, akan ada berapa penambahan kereta jelang mudik lebaran tahun ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT KAI nantinya akan mengoperasikan 336 kereta reguler (dua arah) untuk angkutan Lebaran 2016, yang dimulai dari 26 Juni hingga 17 Juli 2016. Dalam satu hari, tersedia 195.004 tempat duduk yang bisa dipesan oleh masyarakat.

Bukan hanya KA reguler, KAI juga menyediakan 38 KA tambahan, dengan ketersediaan 22.360 kursi per hari untuk arus mudik nanti. Rencananya, tiket KA tambahan akan mulai dijual pada H-60 atau pada Mei 2016 nanti