Tim Gabungan Kawal Rombongan Presiden di Jatinangor

by -14 views

Jatinangorku.com – Sejumlah pengamanan dilakukan untuk mengamankan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Sumedang.  Pengamanan berasal dari tim gabungan sejumlah 1350 personel dari Polres Sumedang, Brimob Polda Jabar, dan Dinas Perhubungan serta Satpol PP.  Tim gabungan ini melakukan pagar betis di tiap gang maupun lorong-lorong gang, pertigaan, perempatan, serta kawasan macet dan rawan kecelakaan.

Presiden tiba di Jatinangor Minggu (2/2) sekitar pukul 12.30, kemudian bermalam di Hotel Bandung Giri Gahana Jatinangor. Penjagaan hari pertama dimulai dari Cibeusi hingga Simpang. Pengamanan hari Senin (3/2) dimulai dari BGG sampai Tomo Cijelag.  Presiden berangkat pukul 09.00 dari Jatinangor kemudian kunjungannya selesai di Sumedang pukul 13.00.

Kepala Bagian Operasional Polres Sumedang Usman Imam mengatakan bahwa RI-1 memiliki 3 titik yang akan dikunjungi.  Kunjungan pertamanya adalah Pabrik Tahu Palasari, kemudian ke RSUD Sumedang untuk melihat pelaksanaan BPJS, dan Gedung Negara.

“Ada dua agenda yang masih tentatif yaitu Een Sukaesih dan Makam Cuk Nyak Dien. Belum ada kepastian dari pihak protokolernya,” jelas Usman.

Setelah kunjungan RI-1 selesai di Sumedang, rombongannya akan melanjutkan perjalanan ke Kuningan. Usman juga menjelaskan tidak ada penutupan jalan, sehingga masyarakat tetap bis aberaktivitas seperti biasa. Himbauan diberikan pada truk-truk besar untuk beristirahat dan memberikan jalan bagi rombongan.

Selain penjagaan dari aparat terkait, ada juga penyambutan dari anak-anak SD di Jatinangor yang mengibarkan bendera merah-putih. PRFM juga memantau Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sempat bertemu RI-1 di Jatinangor. (Tyas Dwi Pamungkas)

sumber: prfmnews