Tim PHP2D Unpad Dirikan Posbindu di Desa Cikeruh, Jatinangor

by -13 views
Tim PHP2D Unpad Dirikan Posbindu di Desa Cikeruh, Jatinangor
Tim PHP2D Unpad Dirikan Posbindu di Desa Cikeruh, Jatinangor

Tim PHP2D Unpad Dirikan Posbindu di Desa Cikeruh, Jatinangor – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D ) Universitas Padjadjaran di Desa Cikeruh telah menginisiasi gerakan masyarakat untuk membentuk Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, September lalu. Pos Binaan Terpadu ini berfokus pada Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM).

Ketua tim PHP2D Unpad di Desa Cikeruh Aep Maulid Mulyana mengatakan bahwa adanya inisiasi dan bina Posbindu ini dilatarbelakangi hasil analisis kebutuhan masyarakat di Desa Cikeruh mengenai Posbindu.

“Dengan melakukan analisis kebutuhan masyarakat terlebih dahulu, Tim kami mendapati 79,2% masyarakat belum mengetahui apakah mereka memiliki resiko terkena maupun memiliki penyakit tidak menular. Analisis kebutuhan posbindu tersebut kami sebar kepada masyarakat yang berdomisili di Desa Cikeruh dan kami mendapatkan 100 informan” ungkap Aep.

Posbindu-PTM merupakan suatu wujud nyata sinergitas Tim PHP2D Unpad di Desa Cikeruh. Citra Windani M.S., S.Kep., Ners., M.Kep. selaku Dosen Pendamping menjelaskan bahwa peningkatan prevalensi PTM menjadi ancaman serius dalam pembangunan di bidang kesehatan karena mengancam pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, upaya pengendalian PTM ditekankan sebagai upaya mencegah masyarakat yang sehat agar tidak jatuh ke fase berisiko atau menjadi sakit berkomplikasi.

Agar upaya tersebut dapat berjalan secara optimal, diperlukan partisipasi masyarakat. Untuk itulah dikembangkanlah suatu model pengendalian PTM yang berbasis masyarakat melalui Posbindu-PTM.

Pada agenda Pembentukan Posbindu-PTM di desa ini, tim melaksanakan beberapa kegiatan yang dimulai pada Sabtu, 26 September 2020. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi dan pembentukan Sistem Informasi dan Edukasi (SIE), dilanjutkan dengan penentuan serta pembentukan struktur kader, hingga Pembentukan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Adapun kelompok masyarakat yang terlibat didalam kegiatan Posbindu-PTM ini yaitu kader kesehatan, ibu-ibu PKK Desa Cikeruh, serta kontribusi dari Tim PHP2D Desa Cikeruh.

“Dengan adanya kegiatan Posbindu-PTM di Desa Cikeruh ini, maka secara tidak langsung tim PHP2D dituntut untuk mengembangkan karakter positif dan empati dengan kelompok masyarakat,” ujar Aep.

Baca juga:  Kurikulum Kampus Merdeka Harus Menjawab Permasalahan Bangsa

Aep berharap, Posbindu-PTM ini dapat meningkatkan sinergitas antara kelompok masyarakat dengan perguruan tinggi, juga semakin meningkatkan pembentukan karakter mahasiswa di tengah masyarakat.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D ) adalah agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melakukan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Program diharapkan akan menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekaligus sebagai media kontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Diskusi Terbuka dengan  Pemuda

Sebelumnya, tim Tim PHP2D Desa Cikeruh telah melaksanakan diskusi terbuka dengan Pemuda Desa Cikeruh, pada 25 Agustus lalu. Diskusi dilakukan untuk membahas mengenai pembentukan Tim Sistem Informasi dan Edukasi Kesehatan (SIE Kesehatan) dan Green Health Desa Cikeruh.

Ketua Karang Taruna Desa Cikeruh Ajang Ana mengatakan, adanya diskusi terbuka ini diharapkan dapat semakin meningkatkan potensi masyarakat, khususnya pemuda desa. Kontribusi dilakukan untuk kemajuan desa melalui upaya pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dalam bidang kesehatan.

Diharapkan Aep, dengan terbentuknya Tim Sistem Informasi dan Edukasi Kesehatan (SIE Kesehatan) dan Green Health, dapat meningkatkan kerja sama desa dan perguruan tinggi, terutama dalam meningkatkan apresiasi masyarakat di bidang kesehatan.

 

 

 

Sumber : https://www.unpad.ac.id/