Tingkat Kemiringan Parah, Cadas Pangeran Bahaya

by -209 views

Tingkat Kemiringan Parah, Cadas Pangeran Bahaya

Jatinangorku.com – Kemiringan jalan di kawasan Cadas Pangeran, khususnya lajur yang dilalui dari arah Sumedang Kota, kian parah. Kondisi itu diduga akibat tekanan dari kendaraan yang overload.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sumedang, Dr. Ir. Sujatmoko, Dipl.­W.R.Eng., M.Sc. kepada “GM”, Jumat (22/8) mengatakan, lajur kiri jalan ka­wasan Cadas Pangeran dari arah Su­me­dang Kota terus mengalami penurunan. Kini kemiringan badan jalan di beberapa titik di Jalan Raya Sume­dang-Bandung itu terbilang berbahaya.

“Selama ini kendaraan over kapasi­tas dari arah Sumedang Kota sulit dikendalikan. Akibatnya, terjadi penuru­nan struktur jalan hingga menimbul­kan kemiringan di beberapa titik. Ter­utama di kawasan Cadas Pangeran dan sekitarnya,” katanya.

Parahnya lagi, menurut laporan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, struktur konstruksi penyangga jalan Cadas Pangeran sudah meng­alami perubahan. Bila ada ken­daraan overload yang melintas di kawasan tersebut, getarannya terasa sangat kuat, bahkan seperti bergoyang.

Dijelaskan Sujatmoko, kekuatan struktur jalan di kawasan Cadas Pa­ngeran sebenarnya hanya mampu di­lewati beban maksimal 8 ton. Namun masih banyak kendaraan angkutan berat yang overload melintas di jalur ter­sebut.

“Kalau tidak segera diantisipasi, di­khawatirkan kemiringan jalan di ka­wasan Cadas Pangeran akan sangat pa­rah. Jika sampai terjadi, maka akan mengancam keselamatan pengguna jalan. Bahkan bukan tidak mungkin, jika kemiringannya di atas toleransi, bisa saja kendaraan terguling,” ung­kapnya.

Kecelakaan yang dipicu perubahan atau penurunan struktur jalan, juga sering terjadi di kawasan Nyalindung dan Legok, Kec. Paseh serta tikungan Bangkong, Kec. Tanjungsari. Di lokasi tersebut, truk sarat muatan kerap terbalik

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/