Tingkatkan Minat Baca, SMA Plus Al Aqsha Cibeusi Luncurkan Program ACB

by -37 views
Tingkatkan Minat Baca, SMA Plus Al Aqsha Cibeusi Luncurkan Program ACB
Tingkatkan Minat Baca, SMA Plus Al Aqsha Cibeusi Luncurkan Program ACB

Tingkatkan Minat Baca, SMA Plus Al Aqsha Cibeusi Luncurkan Program ACB – Upaya meningkatkan minat baca kepada peserta didik, SMA Plus Al Aqsha Cibeusi Kecamatan Jatinangor meluncurkan program Al Aqsha Cinta Baca (ACB). Acara diawali dengan Deklarasi ACB yang dihadiri Ketua Yayasan Al Aqsha KH Mukhlis Aliyudin MAg, Kadis Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, Dik dik Sadikin dan anggota DPRD Sumedang, Asep Kurnia.

Kepala Sekolah SMA Plus Al Aqsha,  Apip Hadi Susanto MM mengatakan  program ACB: Al Aqsha Cinta Baca ini didedikasikan untuk meningkatkan minat baca di sekolah khususnya  sekolah menengah atas (SMA).

“Ya jadi lebih ke gerakan moral dalam rangka meningkatkan minat baca siswa SMA Plus Al Aqsha. Langkah pertama yang kami lakukan membentuk panitia ACB ini. Kemudian membentuk guru pembimbing, guru itu akan membimbing siswa yang sudah dibuat kelompok. Siswa kemana pun pergi wajib membawa buku, diluar jam pelajaran atau KBM,” katanya.

Menurut, Apip satu pembimbing, satu kelompok yang terdiri 10 orang. Nanti dipresentasikan kepada teman kelompoknya, satu orang satu judul buku. Sehingga, dalam satu kelompok akan ada 10 buku yang dibahas. Selain membentuk ACB, pihak sekolah juga berharap lahir duta baca dari siswa, yang mempunyai kriteria siswa rajin membaca, literasi, karena membaca bakal bisa menulis.

Kami sudah membentuk duta baca dari kelas 1, 2 dan 3 yang berjumlah ada 18 orang. Peranan duta baca sebagai contoh kepada siswa lain karena membaca sangat bermanfaat. Sebagai contoh Ada salah satu duta baca di SMA Al Aqsha bernama Aisha Rizwana yang sudah menciptakan buku cerpen berjudul ‘Jalan Pulang’.

“ACB ini dibuat ingin melahirkan Rizwana rizwana lain di Al Aqsha, saya sebagai Kepsek sangat mengapresiasi prestasi Aisha yang bisa bersaing dengan siswa lain se nasional,” katanya.

 

Baca Juga :  Terkait Tol Sisumdawu, Kemenko Maritim dan Investasi Kunker ke Pemkab Sumedang

 

Apip menambahkan yang dijadikan sampel kelas X dulu. Kalau ini bagus, akan berlanjut ke kelas XI dan XII.

“Harapannya ini sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswa Al Aqsha. Kedua untuk membudayakan santri dan siswa dalam membaca. Ketiga, melahirkan para penulis handal seperti Rizwana yang telah berhasil membuat buku,” ujarnya.

 

Sementara itu, Aisha Rizwana yang merupakan alumni SMP Al Aqsha mengatakan memang hobi membaca dan menulis sejak SMP, dan secara prestasi baik. Wanita anak pasangan Yayat Gunawan dan Ibu Irna Indriyana ini juga hobi membaca buku sejarah islam dan religi.

Menurut Aisha mengikuti perlombaan menulis ketika belajar daring. Dari 300 lebih peserta, ada 100 orang yang terpilih sebagai pemenang dan karyanya dibukukan di penerbit CV ANM Mojokerto Kediri Indonesia.

 

 

Sumber : https://eljabar.com/