Tips Kesehatan, Makanan Sehat Buat Usus

by -34 views
Jatinangorku.com- SEL kanker dapat tumbuh di mana saja di tubuh seseorang, tak terkecuali di usus besar. Segera memperbaiki gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat bisa membantu mencegah kanker usus besar.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman seperti dilansir Boldsky, yang bisa mencegah kanker usus.

Makanan Tinggi Folat
Seseorang yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker usus besar, perbanyaklah konsumsi makanan mengandung folat, yaitu jenis vitamin B yang dapat melindungi sel DNA dari kerusakan.

Studi dari Harvard University menyebutkan, hampir 89.000 wanita berisiko kanker usus besar, dapat menurunkan risiko itu hingga lebih dari 52% setelah mengonsumsi makanan mengandung folat meski hanya 200 mikrogram per hari.

Anda bisa mendapatkan sekitar 100 sampai 150 mikrogram folat hanya dengan mengonsumsi secangkir buncis atau bayam. Sementara sebuah jeruk ukuran sedang mengandung folat hingga 50 mikrogram.

Makanan Tinggi Serat
Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat hingga lebih dari 15 gram serat setiap hari. Serat dapat mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus besar.

European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC) mencatat, orang yang kekurangan serat lebih mungkin terkena kanker usus hingga 40%. Mengambil serat alami dari buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan terbukti lebih aman daripada mengambil suplemen serat.

Susu
Susu tidak hanya dapat memberikan manfaat untuk tulang yang kuat, tetapi juga dapat melindungi seseorang dari kanker usus besar. Lebih dari setengah juta orang menunjukkan bahwa mereka yang minum susu setidaknya satu gelas sehari, dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 15%.

Alpukat
Alpukat kaya minyak omega-3 yang dapat membersihkan usus besar dan menjaga sistem pencernaan. Minyak omega-3 berfungsi sebagai pelumas pada dinding usus agar bisa membilas sisa makanan dan rancun.

Cokelat
Dr Maria Angeles Martin Arribas dari Science and Technology Institute of Food and Nutrition, Spanyol dalam penelitiannya, menemukan, biji kakao dapat membantu membunuh sel pra-kanker di usus. Ini penting untuk mengagalkan pertumbuhan kanker usus besar. (rey)

Waspadai Gejala Kanker Usus

Pendarahan pada usus besar yang ditandai ditemukannya darah pada feses saat buang air besar.
Perubahan kebiasaan buang air besar yang meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar, seperti diare atau sembelit, tanpa sebab jelas. Dan berlangsung lebih dari enam minggu.
Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan rasa sakit di perut atau bagian belakang.
Perut masih terasa penuh meski pun sudah buang air besar.
Rasa lemah atau kelelahan dan beberapa tanda lain yang kerap menyiksa adalah rasa sakit di perut, sembelit atau susah buang air besar, dan rasa kembung di perut.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/