Tips Semangat Mengerjakan skripsi

by -27 views

Jatinangorku.com Mengejar gelar Diploma, Sarjana,  atau Master prinsipnya agak-agak sama, alias gak jauh beda. Yang bikin beda yaitu strata dan tingkat kedalaman ilmunya. Yang pasti untuk mendapatkannya banyak perjuangan yang dibutuhkan, sebelum masuk final alias Meja Hijau, mahasiswa wajib membuat tugas akhir.

Memang asik banget kalo liat yang namanya seseorang diwisuda, rasanya bangga. Masih ingat ketika pertama kali kakak kedua  saya meraih gelar Diploma (Ahli Madya), dan kakak pertama saya meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas swasta di kota Medan,…wuihhh bangganya luar biasa, apalagi orangtua, serasa mereka juga ikut diwisuda. Pengalaman saya diwisuda juga gak jauh beda, meraih Gelar Sarjana Teknik pada Oktober 2004 dari Universitas Sriwijaya, kemudian Meraih Gelasr Master Science (M.Si) dari Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi USU membuat bangga diri sendiri dan keluarga.
Memang untuk menikmati itu semua banyak tantangannya, bukan hanya tantangan selama perkuliahan semester demi semester, tapi juga salah satu yang utama waktu ngerjain tugas akhir. Banyak hal yang harus dilawan, terutama diri sendiri, termasuk si ”pemalas” dalam diri sendiri. Gak bisa dibayangkan kalau sampai gagal di tahap akhir hanya karena tidak bisa menguasai diri sendiri.
 
Berikut Tips Motivasi untuk sukses dalam mengerjakan skripsi :
1.      Berdoa
Simpel memang, tapi ampuh. Sebagai manusia beriman tentu kita harus menyadari bahwa tidak satupun kesuksesan kita raih tanpa kedekatan kita dengan Sang Pencipta. Seperti kata pepatah,”Doa telah membuat setengah dari setiap pekerjaan kita telah selesai”. Jadi ketika memulai tugas akhir mulailah dengan doa, dan teruslah berdoa diantara tahapan-tahapan tugas akhir. Anda akan terkejut, karena doalah yang akan meammpukan anda bertemu dosen yg super sibuk untuk konsultasi, doa membuat anda mendapat bimbingan atau masukan dari teman kost atau senior,…pokoknya doa super manjur.
 
2.      Tentukan Judul Dengan Realistis
Idealisme dalam menulis tugas akhir memang sangat diperlukan, tapi tentu saja kita juga harus meyakini bahwa judul/ konsep tugas akhir itu akan bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Jadi, lakukan perhitungan dengan cermat terhadap judul yang akan dijadikan tugas akhir, misalnya sampel/ populasi judul, usahakan menentukan tempat yang tidak terlalu jauh sebagai tempat penelitian. Misalkan dulu waktu kuliah, saya punya teman yang mengambil lokasi penelitian (tentang Jeruk Medan) di Berastagi, sementara lokasi kuliah di Universitas Sriwijaya (Palembang), faktor jauhnya lokasi penelitian tentu saja membutuhkan pengorbanan waktu dan uang yang lebih, apalagi jika ada data yang kurang, tentu akan lebih repot lagi. Jadi tentukan dengan realistis.
 
3.      Perbanyak Referensi
Yang namanya menulis tugas akhir tentu saja butuh banyak referensi. Jika dulu harus banyak ke perpustakaan untuk mencari diktat, sekarang lebih simpel, googling aja di internet. Jauhkan rasa malas, semakin banyak tahu tentang info yang memiliki relevansi, tentu akan semakin baik. Terutama waktu bimbingan dengan dosen, akan semakin “Pede”. Usahakan mencari daftar pustaka yang paling terbaru. Bila perlu toko buku bekas juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan buku referensi.
 
4.      Semangat Temui Pembimbing
Mau gak mau, tetap aja kita wajib mendapat bimbingan atau persetujuan dari dosen pembimbing. Memang kadang tidak mudah, apalagi kalau dosen pembimbing kita adalah dosen senior yang punya jadwal padat, bahkan mungkin saja tidak menghafal nama atau wajah kita. Buat setiap pertemuan berkesan supaya dosen langsung ingat, jangan lupa pelajari karakter Dosen pembimbing, supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Ajukan beberapa pertanyaan yang menarik perhatian Dosen untuk lebih “terbuka” dalam memberi masukan/ bimbingan. Jika ada hal yang belum dimengerti tanyakan kembali supaya semakin jelas.
 
5.      Kuasai Materi Tugas Akhir
Ya,…anda harus menguasai tugas akhir, jika akan menghadapi sidang/ meja hijau. Bahkan sebaiknya anda bisa mengingat/ menghafal setiap topik di tugas akhir anda beserta lokasi halamannya (bila perlu), jadi kalau ada pertanyaan dari dosen penguji akan membantu untuk menjawab pertanyaan.
 
yang pasti ingatlah selalu dengan orang yang ada di rumah kita dan perbanyaklah teman agar kita selalu ada yang mengingatkan dan memberikan motivasi dikala kita sedang jatuh atau tidak semangat dalam mengerjakan skripsi.