Tips Singkat Sebelum Membeli Hard Disk

by -14 views

Tips Singkat Sebelum Membeli Hard Disk

Jatinangorku.com – Fungsi dari sebuah hard disk adalah melakukan penyimpanan data yang dimiliki, baik dokumen, program, gambar, musik, dan video. Kehilangan data karena hard disk rusak jelas tidak diinginkan. Sebagai pengamanan, seseorang kadang memiliki hard disk baik itu internal dan eksternal.

Lalu sebenarnya berapa yang dibutuhkan seseorang? Tidak ada ukuran pasti, hanya biasanya dokumen adalah file dengan kapasitas data kecil, diikuti gambar, musik, dan videolah yang terbesar.

Ketahui Keperluan

Jika Anda perlu memindahkan file antar komputer atau hard disk dengan tujuan untuk mencadangkan beberapa file saja, Anda dapat melakukan ini dengan hard disk yang berkapasitas lebih kecil (seperti Hard Disk Expansion 500 GB). Sebaliknya jika ingin mencadangkan seluruh isi komputer, atau bahkan beberapa komputer sekaligus, atau jika menyimpan banyak file video atau audio, Anda mungkin menginginkan hard disk dengan kapasitas yang lebih besar dengan ukuran minimal 1TB.

Pilih Hard Disk Fungsional

Beberapa jenis hard disk sudah diformat untuk bisa bekerja dengan PC atau dengan Mac. Namun pada dasarnya hard disk apa pun dapat diformat ulang untuk bekerja dengan semua jenis komputer. Sekarang sudah banyak hard disk yang bisa langsung digunakan pada dua komputer sekaligus tanpa perlu format ulang karena sifatnya nirkabel.

Kecepatan Menentukan

Saat Anda menggunakan komputer, membuka file, mendengarkan lagu, atau melakukan hal lainnya, Anda menggunakan hard disk. Piringan yang ada di dalam hard disk akan berputar. Semakin cepat piringan itu berputar, semakin cepat pula komputer dapat menemukan file yang dicari.

Umumnya hard disk dengan kecepatan 7200 RPM akan lebih cepat dibandingkan dengan hard disk yang memiliki kecepatan 5400 RPM. Untuk hard disk eksternal, Anda hampir tidak akan melihat adanya perbedaan. Namun untuk hard disk internal, Anda akan melihat sedikit perbedaannya pada file dan aplikasi yang lebih kecil, namun akan tampak jelas dengan file dan aplikasi yang berukuran besar.

Internal atau Eksternal?

Hard disk internal menyediakan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi. Hard disk eksternal memberikan Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan tersedia kapan pun dibutuhkan. Masing-masing pilihan memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri.Hard disk internal, seperti Laptop SSHD, harus di-install secara fisik dengan membuka casing komputer atau laptop, suatu hal yang agak merepotkan untuk sebagian besar orang.

Sumber : http://the-marketeers.com