Tips Sukses Bisnis Barbershop Ala Giovani Barbershop

by -65 views
Tips Sukses Bisnis Barbershop Ala Giovani Barbershop
Tips Sukses Bisnis Barbershop Ala Giovani Barbershop

Tips Sukses Bisnis Barbershop Ala Giovani Barbershop – Mencukur rambut merupakan kebiasaan yang tak bisa dilepaskan dari kebiasaan kaum adam. Karena sebenarnya bukan hanya perempuan saja yang merasa perlu memperhatikan gaya rambutnya, tapi laki-laki pun demikian. Bahkan karena tingginya kebutuhan, banyak bermunculan usaha barbershop khusus pria.

Terlebih bagi laki-laki, setidaknya butuh waktu sebulan sekali untuk potong rambut. Hal itu jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemilik barbershop. Potong rambut merupakan kebutuhan hampir semua pria, yang membedakan hanya kurun waktunya saja. Ada yang dua bulan sekali, tiga bulan sekali, bahkan empat bulan sekali. Akan tetapi hampir semua pria membutuhkannya.

Saat ini, gaya rambut tengah menjadi tren di kalangan pria. Mereka memotong rambut bukan hanya karena rambutnya yang panjang, tapi juga agar terlihat modis dengan model rambut yang kekinian. Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan yang bisa didapat dari usaha barbershop.

Tips Sukses Bisnis Barbershop Ala Giovani Barbershop

Dari segi peluang, bisa dibilang tidak diragukan lagi. Namun apapun bisnisnya tentu butuh pengelolaan yang baik. Agar bisnis barbershop dapat berjalan sukses, berikut tips-tipsnya.

1. Cari barber terbaik

Salah satu bentuk kepuasan pelanggan akan amat dipengaruhi oleh peran seorang barber atau tukang cukur. Untuk itu, pilihlah barber yang telah memiliki pengalaman dalam urusan pangkas memangkas rambut.

Pastikan keahliannya tidak hanya secara teknis, tapi juga bisa memberikan pelayanan yang terbaik seperti sopan dan ramah terhadap setiap pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan puas sehingga mereka tidak akan ragu untuk kembali maupun merekomendasikan barbershop Anda ke teman-temannya.

2. Tawarkan service berbeda

Untuk menciptakan kesan berbeda, jangan ragu untuk memberi beberapa service tambahan. Service yang dimaksud di sini dapat meliputi cukur kumis/janggut, creambath, pewarnaan rambut, hingga pijat.

Tak ada salahnya juga membuat harga paket, agar pelanggan bisa mendapat harga lebih murah dibanding memilih service secara satuan. Misalnya harga cukur rambut Rp50.000 dan cukur kumis/janggut Rp30.000. Nah jika dipaketkan, harganya hanya akan menjadi Rp 65.000 saja.

3. Up to date dengan tren gaya rambut

Tips sukses usaha barbershop yang ketiga, usahakan selalu up to date dengan tren gaya rambut. Sebab inilah hal yang sesungguhnya membedakan barbershop dengan tempat cukur rambut biasa.

Pantau selalu perkembangan gaya rambut public figure terkenal seperti David Beckham contohnya. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan internet atau aplikasi seperti Pinterest untuk mencari referensi terkait berbagai macam gaya rambut yang sedang happening.

4. Berikan promo dan sistem menarik

Pada soft opening, berikan sejumlah promo agar menarik pelanggan untuk datang ke barbershop Anda. Misalnya diskon cukur rambut 15% untuk 50 pelanggan pertama.

Lalu terapkan pula sistem yang memudahkan, seperti booking minimal H-1 sebelum kedatangan. Sistem booking ini memiliki kelebihan, yaitu pelanggan tidak perlu mengantri lama-lama ketika menunggu giliran.

5. Fasilitas barbershop harus lengkap

Cobalah ruangan barbershop senyaman mungkin. Gunakan kursi yang empuk untuk tempat mencukur rambut serta ruang tunggunya.

Lengkapi pula dengan beragam fasilitas mulai dari AC, air mineral gratis, televisi, sampai WiFi. Tapi perlu diingat, sesuaikan fasilitas dengan target yang telah kamu tentukan.

6. Cari Lokasi Yang Strategis

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan lokasi usaha barbershop Anda. Target market yang Anda tuju akan sangat berkaitan dengan lokasi barbershop. Apabila target Anda adalah mahasiswa, maka cari lokasi usaha di area kampus atau kost.

Namun jika target market Anda adalah masyarakat umum, Anda bisa mencari lokasi strategis di tempat umum. Misalnya ruko, area yang dekat dengan perumahan, gang penduduk, area yang dekat dengan kantor bisa dijadikan pilihan.

7. Cari Peralatan Pangkas Rambut dan Perlengkapan 

Peralatan pangkas rambut dan perlengkapan juga merupakan hal penting, sebab jika tidak ada peralatan tersebut usaha ini tidak akan dapat berjalan. Lengkapi juga usaha Anda dengan fasilitas-fasilitas yang menciptakan kenyamanan bagi pelanggan seperti AC, air mineral gratis.

8. Persiapkan Modal Operasional 

Selain modal untuk membeli peralatan pangkas rambut dan perlengkapannya, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk air, listrik, dan biaya cadangan jika sewaktu-waktu ada hal yang tak terduga yang membutuhkan biaya. Jika Anda merekrut pekerja, Anda juga harus menyiapkan gajinya.

9. Persiapkan biaya Promosi

Promosi yang gencar dilakukan akan mendukung bisnis yang dijalankan. Akan sangat sia-sia jika tidak ada orang yang tahu walaupun usaha yang Anda miliki sangat bagus. Promosi dapat dimulai dari keularga, kerabat, tetangga, dan teman-teman terdekat.

Berikan pelayanan yang maksimal agar mereka puas. Jika mereka merasa puas, maka dengan sendirinya mereka akan mempromosikan usaha barbershop Anda kepada kenalan mereka. Pada tahap tersebut, promosi yang dilakukan adalah mulut ke mulut.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah melakukan promosi melalui media sosial. Buatlah penawaran semenarik mungkin, Anda juga bisa memberikan promo atau diskon dengan ketentuan tertentu. Bisa juga promosi dengan mencetak brosur dengan informasi yang jelas.

6. Ikut Kursus Potong Rambut Untuk Tingkatkan Skill
Untuk meningkatkan skill para barber, pemilik usaha barbershop bisa mengikuti kursus potong rambut. Rekomendasi untuk mengikuti kursus potong rambut bisa ke Giovani Barbershop.
 

Tentang Giovani Barbershop

GIOVANI Barbershop adalah penggabungan tempat potong/pangkas rambut dan salon yang bukan hanya memberikan layanan potong rambut bagi pria namun juga tempat dimana rambut, kulit kepala, wajah dan tubuh pelanggan dapat dimanjakan, dengan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada pelanggan sehingga tingkat kenyamanan yang tinggi dapat dirasakan oleh pelanggan.

GIOVANI Barbershop didirikan di Kota Pematang Siantar Sumatera Utara pada tanggal 1 Desember 2015 oleh beberapa orang yang merasa dirinya memiliki jiwa muda terdiri dari Owner & Management Team, Operation & Technical Support Team, dan Professional Hair Stylist Team berkumpul menjadi satu mendirikan sebuah perusahaan, menciptakan ide-ide briliant dan mengeluarkan seluruh potensi diri yang ada untuk memajukan perusahaan demi memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik bagi pelanggan. Dan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan style rambut masa kini dan memanjakan pelanggan setelah penat beraktifitas.

GIOVANI Barbershop adalah terdiri dari nama GIOVANI kami ambil dari bahasa Italy yang artinya Anak Muda dan nama Barbershop kami ambil dari bahasa inggris yang artinya Tempat Potong Rambut, sesuai bidang usaha yang kami jalani. Sebuah makna yang kami ambil dari arti nama tersebut yaitu sekumpulan orang yang memiliki jiwa muda menjalankan usaha potong rambut dengan nuansa yang muda untuk memberikan pelayanan yang muda dan fasilitas yg muda sehingga pelanggan akan berpenampilan dan merasakan lebih muda setelah merasakan sentuhan dari Professional Stylist kami.

GIOVANI Barbershop memberikan pelayanan Massage Reflection dengan menggunakan Massage Chair, kami merupakan Barbershop pertama dan satu-satunya di Sumatera Utara yang memberikan pelayanan ini, bahkan kami berikan secara free yang  dipersembahkan untuk pelanggan setia.

Silahkan kunjungi websitenya di https://giovanibarbershop.com/