Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Begadang

by -11 views
Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Begadang
Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Begadang
Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Begadang
Jatinangorku.com – Ada kalanya seseorang sudah terbiasa untuk tidur teratur. Namun saat sudah mulai lengah dengan jam tidur, bisa-bisa tubuh kita mulai terbiasa untuk begadang. 

Tubuh yang dibiasakan begadang akan mengantarkan Anda pada kebiasaan yang lebih tidak menyehatkan yaitu insomnia. Nah berikut ini beberapa tips untuk mencegah terjadinya hal tersebut. 

Jam Aktif

Atur body clock atau jam biologis Anda. Misalnya Anda bangun pukul 5 pagi, dilanjutkan dengan beraktivitas dan tidur kembali pukul 9 malam. 

Jangan Keseringan Lembur

Usahakan pekerjaan kantor atau kuliah selesai tepat pada waktunya. Sehingga tak mengulur waktu istirahat yang Anda miliki, 

Komitmen Untuk Hidup Teratur

Ini Adalah poin yang penting. Sebelum Anda menyadari pentingnya istirahat tepat waktu, pahami bahwa tubuh Anda butuh jam istirahat yang cukup karena pada jam tertentu, tubuh Anda perlu melakukan regenerasi dan detoksifikasi. Dan hal itu terjadi pada saat Anda tidur. 

Jangan Mati Gaya

Saat jam biologis Anda berlangsung, jangan mati gaya. Coba lakukan kegiatan yang membuat Anda lebih aktif bicara, bekerja dan berpikir. Selain metabolisme lebih lancar, tubuh akan membiasakan diri dengan aktivitas Anda dan mudah tidur dengan lelap.

Buat Suasana Tidur Yang Nyaman
 
Agar tidur lebih nyaman, redupkan atau bahkan matikan lampu.  Bersihkan kamar atau rombak suasana kamar Anda. Hindarkan kamar dari kelembaban tinggi dan debu. 
 
Kurangi kebiasaan begadang karena bisa mengganggu metabolisme tubuh Anda. Cobain deh cara di atas untuk bisa mengatasi kebiasaan begadang. Semoga bisa membantu mencegah insomnia dan hidup jadi lebih teratur.