TNI AL Bimbing Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi Hima Humas Unpad

by

[Unpad.ac.id, 22/03/2012] Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali memfasilitasi Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi (LDKO) Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi (Hima Humas Fikom) Unpad. LDKO II ini dilaksanakan pada 16-18 Maret 2012 lalu  di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Untung Jawa. Acara ini mengangkat tema “Jungle and Sea Survival with TNI AL at Thousand Island”.

“Tugas utama TNI AL adalah menjaga kedaulatan laut Indonesia. Namun selain itu,  tambahannya menanamkan jiwa kebaharian kepada generasi muda Indonesia. Dengan semakin meluasnya jiwa kebaharian pada bangsa Indonesia, maka akan meluas pula kesadaran akan peran strategis laut NKRI terhadap stabilitas keamanan serta pembangunan bangsa ini,” ucap Komandan KRI Teluk Sibolga 536, Mayor Laut (P) Ronald Makana David Rarun saat membuka LDKO II Hima Humas Fikom Unpad.

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi II ini bertujuan untuk menanamkan sifat kepemimpinan, loyalitas, nasionalisme, kedisiplinan, serta jiwa cinta bahari Indonesia kepada mahasiswa Humas Fikom Unpad, khususnya mahasiswa angkatan 2009 dan 2010,  sebagai generasi penerus Hima Humas di periode kepengurusan selanjutnya, yaitu 2012-2013. Melalui LDKO ini, diharapkan Humas 2009 dan 2010 dapat lebih saling mengenal satu sama lain sehingga dapat bekerjasama dengan baik dalam kepengurusan selanjutnya.

Di tahun sebelumnya pada periode kepengurusan Hima Humas tahun 2010-2011, LDKO II juga bekerja sama dengan TNI AL, dengan menggunakan kapal KRI Teluk Sibolga 536.  “Ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL bagi generasi muda Indonesia,” ujar Ronald.

Materi yang disampaikan di atas KRI Teluk Sibolga 536 antara lain pengenalan tentang TNI AL, arti penting laut NKRI, dan pelatihan-pelatihan ala TNI AL seperti peran kebakaran, kebocoran, dan peninggalan. Sedangkan di Pulau Untung Jawa, dilaksanakan simulasi-simulasi capacity building baik secara individu maupun kelompok.

Peserta yang terpilih mengikuti LDKO II ini berjumlah 45 Mahasiswa, yang terdiri dari 21 laki-laki dan 24 perempuan. Tim Dosen Pendamping dari Jurusan Humas, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unpad yaitu Fajar Syuderajat, S.Sos, C.H., C.Ht. dan Heru Rianto Budiana, S.Ag., M.Si.*

Sumber : Unpad.ac.id