Tol Cisumdawu Pekerjakan 700 Warga Lokal

by -30 views
Tol Cisumdawu Pekerjakan 700 Warga Lokal
Tol Cisumdawu Pekerjakan 700 Warga Lokal

Tol Cisumdawu Pekerjakan 700 Warga Lokal

Jatinangorku.com – Sebanyak 300 warga setempat atau yang tinggal di sekitar lokasi pembangunan jalan Tol Cisumdawu dipekerjakan di proyek pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 60,11 Km ini.

“Sebanyak 75 persen hingga 90 persen pekerja nonteknik diambil dari warga lokal asli Sumedang. Hanya sebagian kecil saja yang menjadi pekerja teknik atau permesinan dengan keahlian khusus yang didatangkan dari luar atau merupakan pekerja luar,” kata Subagus Dwi Nurjaya dari konsorsium pembangunan, Selasa (29/10/2013).

Dwi menjelaskan, pekerja lokal ini menjadi tanggung jawab tiga perusahaan pemegang proyek yaitu Konsorsium Shanghai Construction Group dari China, Wijaya Karya dan Waskita.

“Konsorsium mempekerjakan hingga 350 orang,” kata Subagus.

Menurut Dwi para pekerja lokal tesebut di antaranya ditempatkan sebagai juru parkir kendaraan-kendaraan berat dan tenaga pertukangan.

“Untuk insinyur atau pekerja dalam bidang permesinan tetap harus diambil dari luar yang memerlukan keahlian khusus,” kata Subagus yang optimis bahwa warga Sumedang mempunyai kultur positif untuk mendukung pembangunan di daerahnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat meninjau langsung lokasi pembangunan mengatakan, Tol Cisumdawu diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui bidang transportasi.

Jawa Barat merupakan daerah yang paling menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi setelah Ibu Kota Jakarta. Tol Cisumdawu menjadi sarana transportasi yang penting untuk menghubungkan Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi dengan Cirebon.

“Ketika akses terbuka semua, perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya. Ketika pertumbuhan ekonomi meningkat maka masyarakat akan semakin sejahtera,” kata Deddy

Sumber : http://www.inilahkoran.com