TPS Unik di Sumedang, Dihiasi dengan Hasil Bumi

by -91 views

TPS Unik di Sumedang, Dihiasi dengan Hasil Bumi

Jatinangorku.com – Berbagai hasil bumi seperti singkong, pepaya, nangka, ubi-ubian, pisang dan berbagai penganan khas desa setempat menjadi hiasan di TPS 1 Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka.

Makanan ringan, kue, dan buah-buahan serta sayuran ini digantung atau disimpan di sekeliling TPS sehingga suasana TPS menjadi sejuk dan meriah.

Berbagai makanan kecil dikantungi dan digantung di atas balai yang menjadi lokasi TPS. Buah-buahan dan sayuran ditata dalam sebuah tiang dan wadah sehingga menciptakan kesegaran dan kesejukan.

“Hiasan ini kami siapkan sehari sebelum pencoblosan,” kata Ketua KPPS Ragen Gunawan, Rabu (9/7/2014).

Semua makanan ini merupakan sumbangan dari warga sekitar. Warga juga membantu menghias TPS dengan makanan-makanan ini.

Dia mengatakan, semua makanan tersebut dapat dimakan. Namun karena puasa, makanan ini tidak ada yang menyentuh hingga waktu berbuka nanti.

“Paling nanti pas waktu buka kami makan semua makanan ini bersama warga, ibaratnya buka puasa bersama,” kata Ragen.

Ternyata, budaya menghias TPS dengan hasil bumi ini sudah menjadi tradisi warga di Kampung Galudra. Saat pileg lalu, ketika bukan waktu bulan puasa, beberapa makanan ringan digantung lebih rendah.

Biasanya, kata dia, saat TPS tutup atau ketika KPPS sedang istirahat, makanan buah-buahan dan hasil bumi dibuka beramai-ramai dan berebut. Semua makanan ini bisa dibawa ke rumah.

“Tapi jika ada yang mau disumbangkan untuk diolah atau dimasak dan menjadi suguhan bagi anggota KPPS, itu lebih baik,” ujarnya.

Ragen menambahkan, cara menghias seperti ini menjadi sarana sosialisasi bagi warga. Saat membungkus makanan, KPPS mengumumkan tata cara mencoblos dan siapa saja calonnya. Informasi ini terus-terusan disampaikan agar tidak ada surat suara yang tidak sah.

“Bahkan kalau sedang musim rambutan atau buah lainnya, maka segala sesuatu dihiasi buah itu, sayang sekarang sedang tak ada musim buah-buahan jadi hiasannya biasa saja,” kata Ragen. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/