Transaksi Meningkat, Waspada Peredaran Uang Palsu

by -78 views

Transaksi Meningkat, Waspada Peredaran Uang Palsu

Jatinangorku.com – Polres Sumedang mencatat adanya kenaikan transaksi keuangan di bulan Ramadan. Kondisi ini patut diwaspadai karena ada kemungkinan peredaran uang palsu (upal).

“Kalau ada peningkatan transaksi maka akan ada kemungkinan beredarnya upal, hati-hati saja dan waspada,” kata Humas Polres Sumedang Johny Andrijanto, Minggu (13/7/2014).

Dia mengimbau masyarakat agar mewaspadai dan lebih teliti dalam melakukan transaksi jual beli. Baik di kalangan pedagang pasar tradisional maupun pertokoan dan minimarket, serta SPBU.

Sejauh ini, Polres Sumedang belum menerima adanya laporan terkait peredaran uang palsu. Namun pihaknya tetap melakukan pemantauan agar peredaran upal tidak marak dan sampai di Sumedang.

“Bagi masyarakat yang mendapat uang palsu, agar cepat melapor,” kata Johny.

Dari kajian kepolisian, tingkat kebutuhan pangan dan sandang masyarakat pada Ramadan akan meningkat. Termasuk, untuk membeli perhiasan, barang elektronik dan kendaraan.

Berlimpahnya uang yang ada di masyarakat menjadi incaran para penjahat pembuat uang palsu. Penjahat melihat momen Ramadan dan lebaran merupakan kesempatan besar menukarkan uang palsunya.

Untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan melihat perbedaan antara uang yang asli dengan uang palsu, cukup dilakukan dengan sederhana yaitu dilihat, diraba, dan diterawang.

“Uang yang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya,” jelasnya. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/