Tujuh Dewan Sumedang Siap Usulkan Interpelasi

by -36 views

Tujuh Dewan Sumedang Siap Usulkan Interpelasi

Jatinangorku.com – Sebanyak tujuh orang anggota DPRD Sumedang siap mengusulkan pengajuan hak interpelasi DPRD ke Bupati Sumedang Ade Irawan.

Sesuai aturan perundang-undangan, usulan interpelasi diajukan minimal tujuh orang di DPRD Kabupaten/Kota. Hak interpelasi ini akan disampaikan dewan terkait kebijakan mutasi jabatan yang berdampak luas kepada pemerintahan dan masyarakat, yaitu telah diisinya jabatan eselon II oleh pegawai pusat dan dirotasinya sejumlah pejabat ketika sedang dilakukan pembahasan Laporan Penyelenggaraan Pelaksanaan (LPP) APBD 2013.

“Hari ini sudah ada setidaknya tujuh anggota dewan yang akan mulai mengusulkan hak interpelasi. Nanti selanjutnya dewan mengumpulkan usulan tersebut untuk dilakukan pembahasan dalam paripurna internal,” kata Wakil Ketua DPRD Sumedang Edi Askhari, Senin (7/7/2014).

Menurut Edi, hari ini, dewan akan memulai proses hak interpelasi. Dengan demikian, dewan sudah berjalan satu langkah dari semula hanya sebatas wacana akan mengajukan hak interpelasi, kini rencana tersebut sudah mulai akan diwujudkan.

Usulan interpelasi bisa dilakukan oleh siapa saja difasilitasi fraksi. Jika ada jenis pertanyaan yang serupa maka bisa digabungkan dengan anggota lain. Usulan bisa juga disampaikan dalam satu wadah fraksi. Usulan harus disertai dengan nama anggota dan tandantangan yang jelas.

Setelah semua terkumpul, pimpinan dewan akan membahas usulan interpelasi ini melalui rapat pimpinan. Jika disetujui untuk dilanjutkan, Badan Musyawarah akan menyiapkan agenda paripurna internal. Setiap anggota akan ditanyakan satu persatu tentang kesiapan pengajuan hak interpelasi tersebut. Jika semua sepakat, seluruh pertanyaan akan menjadi satu kesatuan milik lembaga.

“Jadi nanti dewan menyampaikan hak interpelasi hasil dari kesepakatan semua anggota dan menjadi keputusan DPRD,” terang Edi yang belum membahas lebih detail tentang apa saja usulan interpelasi yang disampaikan rekan-rekan dewan

Sumber : http://www.inilahkoran.com/