Tukang Ganjal: Musim Arus Balik Lebaran 2015 Sepi

by -88 views

Jatinangorku.com – Musim arus balik tahun ini dirasakan para tukang ganjal sepi, meski jalur selatan di wilayah Lingkar Gentong Tasikmalaya hingga Kamis (23/7/2015), masih ramai oleh kendaraan pemudik usai pulang ke kampung halamannya.

Ace (55) warga Kampung Punduh, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, dirinya  sejak arus mudik selalu mangkal bersama anaknya di jembatan Gentong Atas, untuk membantu secara sukarela kepada para pemudik yang kendaraannya arus balik dari arah timur menuju Bandung dan Jakarta bisa dikatakan padat.

Namun dibanding dengan mudik tahun kemarin, arus kendaraan mudik maupun balik sangat padat hingga mengalami kemacetan. “Banyak kendaraan pemudik yang perlu bantuan ganjel, tapi tahun ini kurang,” katanya.

Sementara untuk ongkos atau upah sendiri, diakui Ace, tidak mematok harga akan tetapi sukarela berapa pun yang diberikan pemilik kendaraan yang perlu bantuan ganjel.

“Tapi ada juga pemilik kendaraan yang membeli kayu ganjel tersebut, dengan harga Rp 10.000 rupiah. Hanya kami tidak menjual kayu ganjel, jika ada yang membutuhkannya dan membelinya ya kami jual, demi membantu kelancaran para pemudik saja,” ujar Ace.

Akibat terjadinya kepadatan kendaraan pebalik jalur selatan di Tasikmalaya, arus lalu lintas tersendat. Sementara mesin mobil terus hidup, sehingga kendaraan pebalik banyak yang mogok akibat mesin panas, radiator rusak karena airnya kering selain mogok akibat kehabisan bahan bakar.

Sumber : http://www.galamedianews.com/