Tukang Ojeg Sumedang akan Bisa Mati Lebih Tenang

by -49 views
Tukang Ojeg Sumedang akan Bisa Mati Lebih Tenang
Tukang Ojeg Sumedang akan Bisa Mati Lebih Tenang

Tukang Ojeg Sumedang akan Bisa Mati Lebih Tenang

Jatinangorku.com – Setiap pekerjaan tentu mengandung risiko. Begitu juga setiap orang akan mati. Kini, jaminan kematian akan diberikan pada para tukang ojeg di Sumedang.

Ada 5.379 tukang ojeg dari 249 pangkalan yang bergabung dalam Forum Ojeg Kabupaten Sumedang (FOKS) yang akan mendapat jaminan kematian dari pemkab Sumedang dalam bentuk asuransi jiwa bekerjasama dengan sebuah perusahaan asuransi.

“Jaminan kematian atau asuransi jiwa bagi tukang ojeg ini sebenarnya programnya mendiang bupati terdahulu, namun baru terealisasikan sekarang, sedangkan tujuannya untuk memberi ketenangan saja bagi tukang ojeg dalam bekerja,” kata Bupati Sumedang Ade Irawan dalam peresmian FOKS di Gedung Negara, Kamis (27/2/2014).

Ade menjelaskan, asuransi jiwa ini baru akan dimulai akhir 2014. Saat ini, pemkab beserta FOKS akan melakukan pendataan terhadap tukang ojeg di seluruh Sumedang yang sudah memenuhi syarat sebagai tukang ojeg.

Di Sumedang, tukang ojeg didata lalu diberikan identitas tukang ojeg dan mendapat berbagai perlengkapan seperti helm, jaket, dan rompi. Tujuannya, selain untuk melindungi pengendara juga agar penumpang mengetahui identitas tukang ojeg.

Ketua FOKS Jaja Sudrajat mengatakan, setelah ada pendataan tukang ojeg dan dibentuk forum, setiap tukang ojeg akan punya identitas. Hal ini untuk memberi perlindungan dan keamanan pada penumpang.

“Setiap tukang ojek ada identitasnya dan berbeda di setiap wilayah yang dibedakan dengan nomor dan warga baju misalnya, jadi penumpang akan tahu ojeg dan penumpangnya tersebut,” kata Jaja.

Jaja menyambut baik asuransi jiwa itu. Menurutnya, kini ia tak lagi takut mati saat menjalankan pekerjaannya tersebut.

“Lebih nyaman dan tenang saja, karena jika mati pun keluarga sudah ditanggung dengan biaya dari asuransi jiwa tersebut, jumlahnya tidak besar seperti karyawan tapi lumayan untuk bertahan hidup beberapa tahun,” kata jaja. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/