Tuntut Mentri BUMN Mundur, Aliansi Mahasiswa Jabar Akan Demo ke Gedung Sate

by -47 views
Aliansi Mahasiswa Jawa Barat akan menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Sate Bandung, Selasa (3/5/2016) untuk menuntut mundur Mentri BUMN, Rini Soemarno karena di duga terkait dengan persoalan nasional maupun internasional seperti “Panama Papers”.
 
Koordinator aksi, Okky Caressa Ginanjar, mengatakan jika Mentri BUMN disebut-sebut terlibat dalam pelanggaran hukum yang merugikan Negara atas perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT) yang dilakukan secara sepihak oleh mantan Direktur Utama Pelindo II RJ Lino. 
 
“Sebagai mentri, dia sudah tidak mencerminkan abdi negara yang patuh dan menjunjung tinggi kehormatan bangsa. Selain itu, cara kerja Rini juga sudah tidak sesuai dengan agenda besar Nawa Cita. Apalagi dirinya terlibat diberbagai persoalan, seperti Panama Papers,” ujarnya, Minggu (1/5/2016).
 
Okky menegaskan, selain akan menggelar aksi pada Selasa (3/5/2016) nanti, pihaknya juga bersama sejumlah mahasiswa yang ada di Jawa barat seperti Bandung, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Kuningan, juga akan bergerak ke Presiden jika Rini tidak mau mengundurkan diri sebagai mentri. 
 
“Seharusnya dia mundur dari pejabat negara karena namanya terkait Panama Papers. Hal tersebut juga dilakukan oleh Perdana Mentri Islandia Davis Gunlaugsson sebagai bentuk tanggung jawab moral,” ucapnya.  
Okky juga mengingatkan kepada pihak Pemerintah dan legislatif agar tidak meloloskan para pelaku kejahatan dan pengemplang pajak, terlebih mereka adalah politisi, pengusaha, hingga pejabat negar yang terekam data Panama Papers.
 
Menurut Okky, pihaknya akan menyuarakan hal tersebut melalui pihak DPRD Provinsi Jawa Barat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk untuk menjaga wibawa Bangsa Indonesia