Twitter Jadi ‘Target’ Pertengkaran

by -16 views

Twitter Jadi ‘Target’ Pertengkaran

Jatinangorku.com – Perselisihan antar pengguna jejaring sosial bisa terjadi kapan saja, di mana saja,  dan dengan alasan apa saja. Salah satu jejaring sosial yang paling sering jadi ‘tempat’ pertengkaran adalah Twitter yang biasanya di sebuy Twitwar.

Peneliti mengungkapkan, Twitter adalah ‘target’ utama untuk memulai perselisihan. Peneliti dari Unversity of Beijing juga melakukan analisis dengan pada Weibo (Twitter versi negara Cina) untuk membuktikan hal ini. Mereka mengungkapkan, alsasan orang melayangkan komentar sinis didasari pada 4 alasan, yaitu kemarahan, kesedihan, ‘ikut-ikutan’, dan gabungan dari semuanya.

“Hasil penelitian kami menunjukan bahwa kemarahan lebih berpengaruh daripada emosi kegembiraan. Tweet marah lebih cepat menyebar dari tweet lainnnya,” kata juru bicara tim penelitian, Senin, 23 September 2013.

Padahal, Twitter sudah menyediakan fitur ‘lapor penyalahgunaan’ pada menu. Fitur ini memudahkan pengguna melaporkan sebuah akun jika melakukan penyalahgunaan atau bullying. Tapi, di Twitter, tidak ada hubungan langsung antar sesama pengguna. Akibatnya, jika sebuah akun melakukan kejahatan, mereka bisa langung ‘pergi’ dari korban dan dari tempat pertengkaran.

Bila dibandingkan dengan Twitter, jejaring sosial lain seperti Facebook memang lebih aman. Hal ini disebabkan, pada Facebook, pengguna memang berteman dengan yang mereka kenal. Sedangkan, Twitter,  lebih global sehingga pengguna yang tak dikenal pun bisa terkait.

“Pada Facebook, penggunanya lebih ‘bertanggung jawab’. Pemilik akun Facebook biasanya memasang foto mereka atau keluarganya. Di Facebook juga ada fitur ‘Teman Yang Sama’ sehingga jika melakukan ‘kejahatan’ lebih mudah dilacak. Pengguna juga malu untuk ‘bertindak’ di Facebook dibanding Twitter,” kata Tammy Vigil, profesor dari VBoston University School of Communication.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com