Twitter Mulai Ancang-ancang untuk IPO

by -9 views

Twitter Mulai Ancang-ancang untuk IPO

Jatinangorku.com – Twitter ditengarai telah memasukkan dokumen untuk melakukan initial public offering atau IPO ke pengawas pasar modal di New York pada Juli lalu. Namun, manajemen baru mengumumkannya pada awal bulan ini. 

“Manajemen Twitter berhasil menjaga berita ini dari publikasi hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memberitahukannya lewat Twitter,” demikian tertulis pada situsCNET pada Rabu, 25 September 2013.

Hal ini ditelusuri oleh situs berita teknologi dan ekonomiAllthingsD yang mewawancarai sejumlah orang yang terlibat dalam proses ini. Twitter mengajukan rencana penjualan saham ke publik dan menjadi perusahaan terbuka menyusul Facebook, yang melakukannya pada pertengahan tahun lalu

Twitter memilih bakal mencatatkan sahamnya di New York Stock Exchange dan bukannya di Nasdaq Stock Exchange.Diduga, manajemen Twitter ingin menghindari apa yang dialami Facebook saat perdagangan hari pertama sahamnya.

Saat itu, transaksi elektronik bursa saham Nasdaq sempat padam. Ini mengakibatkan kepanikan para investor dan membuat harga saham FB terus melorot nilainya. Menurut situs digital Street, Twitter bakal meraup dana sekitar US$ 1,5 miliar (sekitar Rp 15 triliun dengan valuasi perusahaan sekitar US$ 15 miliar (sekitar Rp 150 triliun).

Sumber : http://www.tempo.co/