Uang Kuliah Dinilai Tidak Adil, Mahasiswa Unpad Berdemo

by -34 views

Uang Kuliah Dinilai Tidak Adil, Mahasiswa Unpad BerdemoTepat di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Selasa (2/5/2017) ini, ratusan mahasiswa Unpad berunjukrasa mempertanyakan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dinilai tidak adil. Dalam aksi mahasiswa yang mengatasnamakan diri Persatuan Perjuangan Mahasiswa Unpad ini juga turut bergabung puluhan pekerja kebersihan (K3L) Unpad. Unjukrasa digelar di  depan gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Sumedang.

Selain mempertanyakan soal UKT, mahasiswa dan pekerja ini juga menuntut sejumlah hal. Di antaranya, menuntut  jaminan kebebasan akademik, mempertanyakan birokratisasi dosen, serta menuntut kesejahteraan tenaga pendidik/karyawan dan kesejahteraan tenaga kebersihan (K3L) Unpad.

“Kami turun ke lapangan karena merasa resah. Kami berharap tuntutan ini bisa menjadi perhatian pihak rektorat Unpad,”  ujar Koordinator Lapangan Persatuan Perjuangan Mahasiswa Unpad, Fajar Pajok, disela aksi, Selasa (2/5/2017).

Menurut Fajar, mahasiswa Unpad menolak sistem UKT yang tidak berkadilan karena tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa. Mereka juga menuntut petinggi Unpad bersikap transparansi dalam penggunaan dana UKT.

Selain itu, kata Fajar, mahasiswa juga ingin Unpad memberikan jaminan perlindungan dan jaminan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya.

“Misalnya, saat di mimbar akademik kita bertanya, kok sedikit-sedikit dikatakan gerakan politik. Berdiskusi mengenai marxis dianggap komunis. Harusnya Unpad memberikan perlindungan kepada mahasiswa,” katanya.

Mahasiswa, lanjut Fajar, juga menolak birokratisasi dosen dengan memfungsikan kembali dosen sebagai tenaga pengajar. Dan terakhir, mahasiswa ingin pihak Unpad memberikan kesejahteraan bagi karyawan outsourching dan K3L Unpad.(

Pada aksi tersebut, sebelum berkumpul di Gedung Rektorat Unpad, ratusan mahasiswa dari berbagai lembaga organisasi kemahasiswaan ini sempat turun ke jalan mengelilingi kawasan Kecamatan Jatinangor