UKM di Jabar Berkontribusi 8,04% bagi Laju Pertumbuhan Ekonomi

by -11 views
Jatinangorku.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Barat berkontribusi sebanyak 8,04% bagi laju pertumbuhan ekonomi. Dimana jumlah UKM di Jabar mencapai 9 juta unit dengan pekerja dipekerjakan sebanyak 15 juta orang. 
 
Dari jumlah 9 juta UKM tadi, terdapat 138 sentra UKM yang terbagi secara spasial di lima wilayah yakni Bogor, Cirebon, Priangan Timur, Priangan Barat, dan Purwakarta.  
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (3/12/2015) mengatakan, jika dua hal yaitu kemasan dan mutu kandungan semua produk digarap dengan baik, maka usaha mikro akan bersiap dalam kondisi apapun.
 
“Misal di Jawa Barat, hajatan besar yang akan dihadapi antara lain PON Jabar XIX 2016 serta penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” katanya. 
 
Untuk itulah, Aher panggilan Ahmad Heryawan meminta kerjasama pemkab/pemkot agar alokasikan anggaran untuk fasilitas pendukung arena yang jumlahnya tak terlalu besar dibandingkan fasilitas inti yang dibiayai Pemprov. 
 
“Kesimpulannya, kalau di dalam negeri saja kita sudah siap menghadapi, maka kita pun akan bersiap menghadapi tantangan lebih besar seperti MEA. Ini hal yang harus dihadapi, tapi jangan terlalu takut berlebihan,” katanya. 
 

MEA, kata dia, bagaimanapun tidak akan merusak negara dengan tingkat upah rendah dan medium seperti Indonesia. Tapi akan membuka jalan luas bagi negara berpenghasilan rendah agar bisa kerja/berusaha di negara berpenghasilan tinggi seperti Singapura dan Malaysia

Sumber : http://www.galamedianews.com/