Ular Piton Pemangsa Ternak Ditangkap di Cileunyi, Panjang 4 Meter, Berat 39 kg

by -107 views


CILEUNYI (28/11)

Warga Kp. Cipadati RT 02/RW 01 Desa Cinunuk, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, digegerkan dengan ditemukannya ular piton di kebun milik Maman Sudiman (72), purnawiran Polri, Selasa (27/11) sekitar pukul 07.00 WIB.

Kini ular piton yang diperkirakan berdiameter 20 cm, dengan panjang 4 meter dan berat mencapai 30 kg tersebut diamankan di halaman rumah almarhum Mamah Enjon. Rencananya, warga akan mengirimkan ular tersebut ke Kebun Binatang Bandung.

Ular tersebut ditemukan Maman yang saat itu hendak memberi makanan angsa miliknya. Namun, ia kaget ketika tidak menemukan salah satu angsa yang sedang mengerami telur. Maman pun mencari angsa tersebut di beberapa sudut kebun. Saat matanya tertuju ke sebuah kolam, ia melihat ular panjang dan besar yang hendak masuk ke salah satu lubang yang berada di pinggir kolam. Ia langsung meminta bantuan lima pemuda, di antaranya Deni (23), Syamsul (24), dan Yayan Ojet (25).

“Dengan dibantu kelima pemuda tersebut, saya nekat menangkapnya. Meski susah bercampur takut, saya nekat membekap kepala ular. Lima pemuda membantu dengan masing-masing memegang perut dan ekornya. Kami bergelut dengan ular untuk menangkapnya hingga memakan waktu sekitar 20 menit,” kata Maman.

Menurut Maman, setelah ular tersebut ditangkap, kelima pemuda tersebut segera mengamankannya dan entah mau dibawa ke mana. Hanya, katanya, ular tersebut rencananya akan diserahkan ke kebun binantang,” katanya.

Memangsa angsa

Menurut Maman, awalnya ia mengira angsa miliknya hilang dicuri. Namun, tidak ada jejak orang yang masuk ke kebun miliknya. “Saya kira angsa saya hilang dicuri orang, eh rupanya dimakan ular. Saya baru pertama kali menemukan ular panjang dan besar seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, ular piton yang ditangkap Maman kini diamankan di salah satu halaman rumah warga dan menjadi tontonan warga sekitar. Mulut ular itu dilakban dan disimpan di sebuah ember besar yang ditutupi kurungan ayam. “Baru pertama kali ada ular sebesar ini di kampung kami,” kata Samsul (40), warga setempat.

Samsul yang ikut membantu menangkap ular tersebut menyatakan, penangkapan binatang itu memakan waktu sekitar 20 menit. “Saat kami menarik ekornya dari lubang dan mau keluar, Pak Maman segera membekap kepalanya. Yang lain mememang bagian perutnya. Setelah ditangkap, mulutnya dilakban dan dimasukkan ke karung. Panjang ular tersebut sekitar 4 meter dengan berat 30 kg. Karena tak ada warga yang mau memeliharanya, kami sepakat ular tersebut akan diserahkan ke Kebun Binatang Bandung,” kata Samsul.

Sementara itu, Alok (35) warga setempat yang juga pengemudi ojek mengucapkan terima kasih kepada pihak yang berhasil menangkap ular piton tersebut. “Jika tidak bisa ditangkap ular piton tersebut selain membahayakan bagi warga juga telah banyak hewan piaraan milik warga seperti ayam, bebek raib dimangsa ular tersebut. Sayang saat ini tidak ada salah seorang warga pun yang mau memelihara ular tersebut,” katanya.

sumber : klik-galamedia