UMK Karawang Rp 2,9 Juta, Tertinggi di Jabar

by -45 views

Jatinangorku.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menandatangani berkas Upah Minimum Kabupaten/Kota 2015 Jawa Barat, Jumat (22/11/2014) tengah malam.

Dalam penetapan tersebut, Kabupaten Karawang ditetapkan sebagai jumlah tertinggi yakni Rp 2.957.450, sedangkan Kabupaten Ciamis menjadi yang terendah dengan jumlah Rp 1.131.862.

Penetapan UMK dilakukan di Gedung Graha Yudha Wastu Pramuka, Pusat Persenjataan Infanteri, Bandung. Heryawan mengaku tidak ada yang luar biasa dari lokasi penetapan UMK 2015 ini.

“Yang jelas (penetapan) masih di Jabar dan di Indonesia juga,” kata Heryawan usai menandatangani penetapan UMK di Jabar.

Untuk kenaikan UMK tertinggi terjadi di Kabupaten Majalengka yakni sebesar 24,50 persen. Menurut dia, dari 27 kabupaten/kota, 23 daerah sudah mencapai Komponen Hidup Layak (KHL).

“Sedangkan empat lainnya masih di bawah KHL seperti Pangandaran, Ciamis, Banjar, dan Kabupaten Garut,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Aher ini menyebut, kenaikan UMK sudah mempertimbangkan harga BBM baru. Menurutnya, rekomendasi yang diberikan dari kabupaten/kota terjadi sesudah adanya kenaikan BBM oleh pemerintah pada 17 November lalu.

“Saya kira semua pihak sepakat sehingga bisa dikatakan final meski rekomendasi bupati/wali kota ini masih bisa dilakukan pembahasan jika diperlukan,” tutur dia.

Penetapan UMK 2015 sendiri berdasarkan surat Keputusan Gubernur Nomor 560/Kep.1581-Bangsos/2014. Heryawan menuturkan, penetapan dilakukan hingga larut malam karena harus menunggu rekomendasi Bupati Bekasi yang menyerahkannya hingga batas akhir.

“Namun ini tidak menjadi masalah karena batas penyerahan UMK hingga pukul 00.00. Bekasi baru menyerahkan jam 11 malam, dan Alhamdulilah kita bisa selesaikan se-Jabar,” tutup dia

Sumber : http://www.inilahkoran.com/