UMK Sumedang 2015 di Atas KHL

by -53 views

Jatinangorku.com – Upah Minimum Kabupaten Sumedang (UMK) 2015 yang sudah ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jumat, malam kemarin tembus pada angka Rp.2.001.195. UMK itu, berada di atas Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kabupaten Sumedang yang mencapai Rp.1.626.299. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kab.Sumedang, H.Iwa Kuswaeri kepada klik-galamedia.com, Minggu (23/11/14) melalui telepon selulernya.

Disebutkannya, berdasarkan aspirasi yang disampaikan buruh sebelumnya, mereka menuntut kenaikan UMK sebesar Rp.3,3 juta. Tuntutan mereka itu disampaikan secara bergelombang melalui aksi demo ke Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kab.Sumedang.

“Dalam hal ini, pemerintah sudah berusaha untuk memperjuangkan aspirasi buruh yang menuntut kenaikan UMK 2015 sebesar Rp.3,3 juta. Namun hasilnya masih belum optimal dan masih jauh dari harapan buruh setelah Gubernur menetapkan besaran UMK Kabupaten Rp.2.001.195,” tuturnya.

Menyikapi penetapan UMK 2015 sebesar itu, pihaknya berharap semua yang berkepentingan, yaitu baik buruh maupun perusahaan dapat menerima keputusan Gubernur tersebut dengan bijak. Apalagi jika dibandingkan dengan Kab.Bandung dan Kota Cimahi yang KHL-nya di atas Kab.Sumedang yang memiliki besaran UMK yang sama, maka buruh di Kab.Sumedang masih relatif unggul.

“Sedangkan jika dibandingkan dengan UMK 2014 yang berada di atas angka Rp.1,7 ada kenaikan sebesar 15,3%an,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Iwa, pihaknya optimis tidak akan terjadi gejolak dikalangan buruh, pasca penetapan UMK 2015. Indikasi kearah itu cukup besar, mengingat sejauh ini situasi dilapangan cukup kondusif. “Mudah-mudahan situasi seperti ini, bisa tetap terpelihara untuk selamanya,” imbuhnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/