Unpad Akan Berikan Dana Bantuan Penyelesaian Tugas Akhir/Skripsi Untuk 1000 Mahasiswa

by

Kebun Emas 486 x 60

JATINANGOR (10/01)

Seperti yang dilansir dari Unpad.ac.id, (09/01), Guna menunjang peningkatan mutu pendidikan civitas akademikanya, Unpad telah memberikan dana Bantuan Penyelesaian Tugas Akhir/Skripsi kepada 954 mahasiswa tingkat akhir. Bantuan tersebut diberikan langsung melalui rekening masing-masing penerima pada bulan Desember tahun lalu, dengan rincian dana sebesar Rp 1 juta per mahasiswa.

Hal tersebut dikemukakan oleh  Staf Khusus Wakil Rektor III Unpad, Drs. Wahyu Alamsyah Somantri, M.S. Menurutnya, pemberian bantuan dana pada bulan Desember lalu ditujukan kepada mahasiswa yang akan diwisuda pada bulan Februari 2013. Bantuan yang baru pertama kali dilakukan tersebut diberikan kepada mahasiswa dari seluruh Program Studi di lingkungan Unpad.

“Untuk tahun 2013 ini, dana bantuan ini akan kami berikan kepada mahasiswa dengan target 1000 mahasiswa,” jelas Wahyu saat diwawancarai di Ruang UPT Humas Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor, Rabu (09/01).

Sementara itu, untuk program tahun ini direncanakan akan diberikan berdasarkan 4 gelombang wisuda, yakni Februari, Mei, Agustus, dan November. Satu gelombang masing-masing akan diberi kepada 250 mahasiswa, sehingga total penerima bantuan untuk 4 gelombang sebesar 1000 mahasiswa. Teknis pelaksanaannya, dua bulan sebelum pelaksanaan wisuda, pihaknya akan meminta data dari tiap-tiap fakultas mengenai calon penerima dana bantuan.

“Calon penerima bantuan ialah mahasiswa yang mau diwisuda pada gelombang-gelombang tersebut,” tambahnya.

Adapun prosedur untuk menjadi calon penerima beasiswa ialah mahasiswa yang sudah melaksanakan Ujian Proposal (UP) penelitian skripsinya. Syarat lainnya ialah memiliki surat persetujuan dari pembimbing dan pimpinan fakultas dengan disertai surat pernyataan bahwa calon penerima sudah dapat lulus di salah satu gelombang wisuda, serta laporan perkembangan skripsi masing-masing calon. “Syarat utama ialah calon penerima merupakan mahasiswa yang memang memiliki kesulitan dalam pembiayaan kuliah,” ujarnya.

Wahyu sendiri berharap program bantuan ini dapat membantu mahasiswa untuk mempercepat penyelesaian tugas akhirnya. Selain itu, yang terpenting ialah bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari pembuatan tugas akhirnya. Hal tersebut sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan Unpad, yakni penyelesaian tugas akhir, penyelesaian studi, dan kualitas dari tugas akhir. “Sehingga, apabila banyak yang menyelesaikan studi tepat waktu, nanti akan berimbas pada daya tampung mahasiswa baru di tiap-tiap fakultas,” pungkas Wahyu.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Kebun Emas 486 x 60