Unpad “Kaum disabilitas memiliki hak yang sama di Pilkada”

by -75 views

Jatinangorku.com – Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor Agi Kurniasandi menyatakan, masyarakat kaum disabilitas tetap memiliki hak pilih yang sama dalam pelaksanaan pilkada Kabupaten Bandung 9 Desember 2015 mendatang.

“Kalau belum memiliki surat panggilan, bisa dilaporkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Agi kepada wartawan disela-sela sosialisasi pilkada kepada kaum disabilitas/kecacatan fisik di Kp. Pamubusan RT 01/RW 04 Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Kamis (3/12/2015).

Menurutnya, warga yang sudah menggunakan hak pilihnya harus merahasiakan hak pilihnya setelah pencoblosan.

“Kaum disabilitas pun harus memahami dan mengenali para calon yang dipilihnya. Tidak hanya sekedar datang dan memilih. Termasuk harus memahami visi dan misinya pasangan calon,” kata Agi.

Agi juga mengatakan, melaksanakan sosialisasi pilkada kepada kaum disabilitas atau kecacatan fisik dan mental di kampung tersebut, karena sebelumnya mereka belum terjamah dalam sosialisasi khusus kepada warga yang mengalami kecacatan tersebut.

“Sasaran kami melakukan sosialisasi kepada kaum disabilitas, ingin memperkenalkan bagaimana pilkada tersebut,” katanya.

Agi mengatakan mereka yang melakukan pencoblosan di TPS bisa dilakukan pendampingan.

“Yang penting mereka bisa memilih karena mereka juga punya hak pilih. Target kita, disabilitas bisa memilih dan menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/