Unpad Paling Diminati Siswa se-Indonesia

by -34 views

Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi kampus paling diminati siswa se-Indonesia yang mendaftar lewat SNMPTN 2017. Unpad lebih unggul dibanding Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Gadjah Mada.

Pendaftar ke Unpad melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 mencapai 39.388 siswa. Sedangkan Universitas Brawijaya mencapai 33.950 siswa, Universitas Diponegoro (32.085), Universitas Sumatera Utara (31.940), dan Universitas Gadjah Mada (31.814). PTN lain asal Jawa Barat yang menduduki peringkat 10 besar kampus paling diminati yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). UPI diminati 26.990 siswa.

“Tapi Unpad berada di posisi ke-5 dari jumlah penerimaan siswa SNMPTN. Unpad hanya menerima 2.369 siswa,” ucap Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN 2017 Ravik Karsidi. Ia ditemui di Kantor Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Rabu 26 April 2017.

Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia tak masuk dalam 10 besar kampus paling diminati melalui SNMPTN. Kendati demikian, ITB berada di posisi ke-6 PTN penerima siswa SNMPTN dengan merekrut 2.354 siswa dan IPB ada di peringkat ke-10 dengan meluluskan 2.172 siswa.

“Kampus-kampus di Pulau Jawa memang masih menjadi pilihan siswa. Tapi seleksinya semakin kompetitif,” ucapnya.

Ia menuturkan, warga Jabar juga memiliki keinginan besar untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Sebanyak 10.172 siswa Jabar tercatat lulus SNMPTN, berada di peringkat ke-2 di bawah warga Jawa Timur yang mencapai 15.119 siswa. Lima besar siswa yang lulus SNMPTN berasal dari Jawa Tengah (8.275), Sumatera Utara (7.025), dan Aceh (4.838). “Universitas Haluoleo menerima paling banyak, 3.174 siswa. Universitas Brawijaya 3.063 siswa dan Universitas Diponegoro 2.484 siswa,” ujarnya.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri, Herry Suhardiyanto, menilai bahwa tingginya minat warga Indonesia untuk kuliah di Jawa Barat tidak lepas dari prestasi yang ditorehkan PTN-PTN tersebut. UI dan ITB bahkan dinobatkan sebagai kampus berkualitas dunia dan masuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik dunia. “SNMPTN ini melihat nilai rapor sebagai yang utama, sesuai dengan target kami yang ingin terus mengembangkan pendidikan tinggi secara ilmiah dan terukur,” ujar Rektor IPB ini.

Kedokteran dan Ilmu Komunikasi

Kepada “PR” saat bertemu di Jakarta belum lama ini, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan, Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang sangat diminati siswa. Dua fakultas tersebut setiap tahunnya selalu bergantian menempati posisi pertama dan kedua. Ia menegaskan, Unpad tidak akan menggelar seleksi mandiri.

“Tapi fakultas lain juga semakin banyak peminatnya, seperti FISIP dan Pertanian. Kalau jumlah pastinya berapa, saya harus melihat datanya dulu,” ujarnya. Selain di Jatinangor Sumedang, Unpad memiliki sarana perkuliahan di Kota Bandung, Kota Sukabumi, dan Pangandaran.

Menteri Riset Teknonologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, menyatakan bahwa kualitas Unpad, ITB, IPB, dan UI tak diragukan. Awal Maret 2017 lalu, keempat kampus itu bahkan menjalin kerja sama dengan sejumlah kampus terbaik dunia asal Amerika Serikat seperti MIT dan Harvard. Unpad kerja sama riset bidang kesehatan, ITB terkait teknologi informasi, IPB soal kesehatan masyarakat sedangkan UI menjalin riset teknologi transportasi massal