Unpad Perkuat Kampus Di Daerah Jawa Barat

by -10 views

Jatinangorku.com РUniversitas Padjadjaran (Unpad) akan memperkuat kampus di daerah, hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (human capital) agar dapat memenuhi kebutuhan pendidikan berkualitas di daerah yang ujungnya untuk pembangunan di daerah.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan hadirnya perguruan tinggi yang berkualitas untuk melayani kebutuhan pendidikan tinggi adalah suatu keniscayaan.

“Ada jarak yang besar antara pembangunan di kota dan di desa. Jika Unpad sendiri yang menggerakan pasti kurang mengatasi Jawa Barat ini. Maka kami akan berpartner dengan perguruan tinggi di daerah,” ujar Tri Hanggono di Bandung pada

Tri Hanggono menambahkan, Unpad akan memperkuat atau bekerjasama dengan Universitas di Subang, Universitas Kuningan, Unsil di Tasiklamaya, kemudian yang nanti ada di Garut.

“Akan kami ajak bersama karena kalau nanti kekuatannya naik, maka bisa juga memperkuat pembangunan wilayah,” ujarnya.

Komitmen ini telah mulai dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mengembangkan Universitas Kuningan dan Pemerintah Kabupaten pangandaran untuk membangun institusi pendidikan tinggi yang dapat memnuhi kebutuhan layanan pendidikan tinggi di wilayah tersebut.

Unpad juga menginisiasi gagasan pendidikan pascasarjana bagi para pengelola pemerintah daerah dalam kerangka open extended campus.

Selain itu, Tri Hanggono menambahkan saat ini Jawa Barat juga sedang membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan hal ini juga menjadi sasaran Unpad untuk ikut mendukung, salah satunya di sektor pengembangan kesehatan.

Ia menambahkan Dinas Kesehatan memiliki target untuk menghadirkan enam rumah sakit rujukan di daerah Jawa Barat. Beberapa rumah sakit tersebut sudah ada dan akan dinaikkan kelasnya menjadi kelas A.

“Salah satunya yaitu menghadirkan beberapa rumah sakit rujukan di luar RS Hasan Sadikin. Maka ini bukan berdiri sendiri, di saat Unpad juga mengggulirkan program kuliah dokter spesialis dan dokter yang gratis, kami akan dukung juga,” ujarnya.

Ia berharap nantinya dengan keberadaan rumah sakit rujukan lain yang dikembangkan di berbagai daerah di Jawa Barat ini, dapat mengurangi rujukan ke RS Hasan Sadikin.Ke depannya, rumah sakit rujukan ini juga diharap mampu membina rumah skit tipe b lainnya.

“Ini sentuhan-sentuhan akademik penting, karena apa, nanti yang terjadi hanya aspek pelayanan tidak ada sentuhan pengembangannya. Akademik membangun standar-standar yang baik,” jelasnya.

Sumber : http://bandung.bisnis.com/