Urai Kemacetan di Musim Mudik, Polres Sumedang Sebar 110 Polantas

by -33 views

Jatinangorku.com – Untuk mengurai kemacetan yang terjadi saat arus mudik dan balik lebaran 2015, di wilayah Kab. Sumedang, Satuan Lalulintas Polres Sumedang akan menyebar 110 personelnya di 4 titik.

“Seluruh personil akan disebar ke 4 titik atau beat di wilayah Kab. Sumedang. Mereka bertugas untuk mengurai kendaran jikalau terjadi kepadatan di titik yang mereka tempati,” terang Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Zaenul Arifin 
Masih dikatakannya, keempat titik yang akan ditempati seluruh anggota tersbeut yaitu beat 1, wilayah Jatinangor, Tanjungsari dan Cimanggung. Ketiga wilayah itu, sebanyak 16 personil akan ditempatkan di daerah tersebut.

Untuk di beat 2, sebanyak 10 personil akan melakukan pengaman di dua wilayah yaitu wilayah Simpang pamulihan dan Ciherang. Sedangkan di beat ke 3, terbagi 4 titik yaitu Ciherang, Kota Sumedang, Cimalaka dan Paseh, dimana diempat titik tersebut akan ditempatkan 12 personil.

“Sedangkan di beat 4 yaitu Paseh, Tomo dan Ujung Jaya, akan diturunkan sebanyak 12 personel untuk mengurai kepadatan kendaraan agar tidak terjadi kemacetan,” jelasnya.

Masih dikatakannya, pihaknya pun sudah memiliki cara bertindak untuk menguarai kepadatan kendaraan agar tidak terjadi kemacetan dengan cara memberlakukan sistem one way.

“Contohnya, jika terjadi kemacetan di Tanjung Sari dari arah Bandung menuju Sumedang, maka kita akan memberlakukan CB one way,” katanya.

Polres Sumedang akan memberhentikan kendaraan terlebih dahulu yang dari Sumedang menuju Bandung tepatnya di depan SMA 1 Sumedang, sampai titk pending sudah tidak menampung lagi.

“Baru setelah itu, kita akan buka perlahan, sampai tidak terjadi penumpukkan. Untuk waktu one way kita akan mainkan secara fleksibel,” jelasnya, seraya menambahkan, sedangkan kendaraan yang mau ke Tanjung Sari atau ke Bandung kendaraan aka dialihkan ke simpang Pamulihan yang tembus ke Parakan Muncang.

Dan untuk di jalur Cijelak, lanjutnya, dimana luapan kendaraan yang dari tol penuh yang mau ke cirebon atau ke luar jawa akan di lemparkan ke jalur Cijelak, dengan begitu CB satlantas Polres Sumedang akan melakukan pengawalan kendaraan atau para pemudik hingga simpang Korada.

“Ada jalan alternatif menuju jalan Majalengka, dan kami sudah koordinasi dengan wilayah Majalengka untuk memperlanjar arus para pemudik,”terangnya, seraya mengingatkan kembali untuk para pemudik agar lebih berhati-hati saat berada di jalan.

“Kami terus mengingatkan agar para pemudik mematuhi peraturan lalulintas. Dan jika capek, jangan memkasakan untuk terus berkendara, beristirahat terlebih dahulu, setelah itu baru jalan lagi,” imbaunya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/