Usal Lantik Caleg, DPRD Sumedang Pilih Wabup

by -89 views

Usal Lantik Caleg, DPRD Sumedang Pilih Wabup

Jatinangorku.com – DPRD Sumedang baru akan melakukan pemilihan wakil bupati usai pelantikan anggota DPRD dan DPR nanti. Jadwal ini didapatkan setelah DPRD Sumedang melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sudah pastikan pemilihan wakil bupati akan dilaksanakan usai pelantikan anggota DPR dan DPRD,” kata Wakil Ketua DPRD Sumedang Edi Askhari, Rabu (7/5/2014).

Menurut Edi, jadwal ini sebelumnya memang sudah direncanakan mengingat dua nama yang diusulkan bupati untuk menjadi wakil bupati adalah seorang caleg. Sementara, caleg tidak bisa mengundurkan diri dari kepesertaannya pada pemilu 2014. Jadi pileg tersebut harus selesai dulu dengan adanya pelantikan anggota DPR dan DPRD.

“Makanya, kami tunggu pileg selesai dulu saja yaitu pelantikan dulu, karena kalau sudah dilantik lalu mengikuti pemilihan wakil bupati dan dinyatakan menang, maka bisa mengundurkan diri dari anggota legislatif, tapi kalau sekarang salah satu dari mereka itu tidak bisa mengundurkan diri dari caleg,” jelas Edi.

Selain itu, ditetapkannya agenda pemilihan wakil bupati Oktober nanti dengan mempertimbagkan dua hal lainnya yaitu adanya agenda pilpres pada Juni 2014 dan menunggu kepastian hukum atas Bupati Sumedang Ade Irawan yang terlibat kasus korupsi ketika menjabat Ketua DPRD Cimahi.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/