Utus Menhub ke Majalengka, Jokowi Ingin Bandara Kertajati Mulai Beroperasi 2018

by -112 views

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka kemungkinan molor beberapa bulan. Pasalnya, progres pembangunan saat ini meleset dari target yang ditetapkan karena sempat terganjal berbagai kendala.

“Tadinya kita berharap bisa selesai awal 2018. Februari atau Maret. Tapi kalau lihat fisik sekarang ini mungkin kira-kira Juni (2018) nanti,” kata Budi di sela-sela peninjauan ke lokasi pembangunan bandara bersama Gubernur Ahmad Heryawan, Jumat (24/2/2017).

Molornya progres pembangunan itu, kata dia, disebabkan karena adanya berbagai kendala seperti adanya penolakan dari masyarakat. Meski sempat terkendala, Menhub mengaku senang karena saat ini proses pembangunan bandara seluas 1.000 hektare itu terus berjalan.

Budi mengaku sengaja meninjau langsung progres pembangunan Bandara Kertajati untuk memastikan proyek pembangunan bisa selesai sesuai target. Ia ditemani langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Majalengka Sutrisno, Kadishub Jabar Dedi Taufik, dan Dirut PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) selaku pelaksana proyek pembangunan sisi darat, Virda Dimas Ekaputra.

“Presiden meminta saya untuk memastikan agar bandara ini bisa beroperasi pada tahun 2018. Sekarang pembangunan sudah berjalan, tinggal kepastian bulannya kapan beroperasi yang kita kejar,” jelas Menhub