Vina Vanessa, Mojang Kab. Sumedang 2014 Ingin Promosikan Budaya dan Wisata

by -187 views

Vina Vanessa, Mojang Kab. Sumedang 2014 Ingin Promosikan Budaya dan Wisata

Jatinangorku.com РVANA Vanessa boleh jadi termasuk perempuan yang cukup beruntung. Di usianya yang baru 20 tahun, sudah mampu membuktikan diri menjadi juara di ajang Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Sumedang 2014 bersama Panji Gusti Laksmana.

Pada perhelatan yang diadakan Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dengan tema “Sumedang sebagai Destinasi Pariwisata Dunia”, Vana mampu menyisihkan delapan pasangan lainnya di babak final.

Prestasi tersebut sangat membanggakan, karena Vana baru pertama kali mengikuti ajang ini dan langsung menjadi juara. Dengan demikian, Vana dinobatkan menjadi duta pariwisata untuk Kabupaten Sumedang.

“Tidak menyangka bisa terpilih jadi juara. Soalnya ini pertama kalinya saya ikut. Alhamdulillah diberi kepercayaan ini,” kata Vana saat berbincang dengan “GM” di kediamannya, Desa Cibeusi RT 03/RW 10, Kec. Jatinangor, baru-baru ini.

Mojang cantik kelahiran Sumedang, 22 April 1994 ini menuturkan, dengan dinobatkan sebagai duta pariwisata, banyak hal yang harus dilakukannya untuk membuat pariwisata wilayah Sumedang semakin menggeliat.

“Disebut minim tempat wisata, saya kira tidak, namun di Kabupaten Sumedang tidak ada tempat wisata yang jadi unggulan. Oleh karena itu, saya ingin meningkatkan sektor wisata agar lebih maju,” ujar anak kedua dari dua bersaudara itu.

Di samping itu, kata Vana, ia pun ingin mempromosikan budaya Sunda karena Sumedang kerap disebut sebagai pusat budaya Sunda. Jargon tersebut menuntutnya untuk terus beraktivitas meningkatkan dan melestarikan budaya Sunda.

“Selain mempromosikan, saya pun akan berupaya untuk menyampaikan beberapa saran kepada pemerintah agar memperbaiki sarana dan prasarana objek wisata yang masih kurang. Kita harus berusaha menciptakan wisata unggulan di Sumedang,” tuturnya.

Selain menjadi Duta Pariwisata Kab. Sumedang periode 2014/2015, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Pasundan itu akan mewakili Kab. Sumedang di ajang Moka Jawa Barat.

Menurutnya, ini menjadi tantangan baginya agar dapat membuktikan diri sebagai mojang asal Jatinangor yang bisa membawa harum nama Sumedang.

“Tidak merasa dibebani, tapi itu jadi acuan saya ke depan agar lebih baik. Karena saya ikut pun sudah tahu risikonya,” ucapnya.

Dengan dukungan dari kedua orangtuanya, Lilis Suryani dan Achmad Zainuddi, perempuan yang memiliki hobi bernyanyi itu akan menjadikan Moka sebagai langkah awal baginya untuk mengabdi kepada daerahnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/