Wabup Sumedang, PPP Pertimbangkan Dony Ahmad

by -33 views
Wabup Sumedang, PPP Pertimbangkan Dony Ahmad
Wabup Sumedang, PPP Pertimbangkan Dony Ahmad

Wabup Sumedang, PPP Pertimbangkan Dony Ahmad

Jatinangorku.com – Empat hari sepeninggalnya Bupati Sumedang Endang Sukandar, DPC PPP Sumedang sudah memikirkan calon yang akan mengisi kekosongan jabatan wakil bupati.

Wakil Bupati Sumedang periode 2013-2018 Ade Irawan sendiri kini menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Sumedang.

“Demi kemaslahatan bersama kami sudah memikirkan siapa calon wabup yang akan diusulkan PPP kepada kepala daerah nantinya, kan tidak baik juga jika pemerintahan kosong, meski diakui kami masih sangat berduka,” kata Wakil Ketua DPC PPP Sumedang Asep Ely Gunawan, ketika ditemui di ruang kerjanya di DPRD Sumedang, Rabu (6/11/2013).

Namun, disebutkan Asep, belum ada sikap resmi dari partai terkait calon wabup. Pasalnya, selain harus menempuh beberapa proses baik di internal partai maupun di partai pengusung lainnya yaitu Partai Demokrat.

“Belum ada sikap resmi apapun, prosesnya masih panjang,” ujar Asep.

Diakui Asep yang juga sebagai Ketua Desk Pemenangan PPP pada Pilkada 2013 lalu ini, ketua partainya yaitu Dony Ahmad Munir adalah nama yang paling banyak disebutkan oleh kader partai untuk menjadi calon wabup. Isyarat mencalonkan Dony juga keluar dari DPW PPP Jawa Barat.

Namun, Asep tak mau terburu-buru menentukan siapa nama yang akan diusulkan dari partainya ini.

“Isyarat semacam itu sudah ada bahkan dari DPW juga ada, tapi belum ada keputusan apapun, masih dipikirkan masak-masak mengingat akan ada kaitannya dengan Pileg 2014 nanti,” kata Asep.

Perhelatan Pileg 2014 baik di tingkat kabupaten maupun di pusat menjadi salah satu pertimbangan bagi PPP untuk mengusulkan nama calon wabup. Seperti diketahui Dony kini mencalonkan menjadi Anggota DPR RI yang tentunya sudah melakukan berbagai persiapan.

Sementara andaikata Dony jadi menjadi wabup, PPP tidak boleh kehilangan kursi di tingkat kabupaten.

Menurut UU No. 12 Tahun 2008 yang diatur lebih lanjut dengan PP No 49 Tahun 2008, jabatan bupati yang kosong karena dengan alasan meninggal dunia digantikan wakil bupati.

Wakil bupati dapat melakukan tugas sehari-hari bupati kecuali mutasi pegawai, membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya, membuat kebijakan tentang pemekaran daerah yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya dan membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya.

Kekosongan wabup diisi dengan cara pengajuan dua calon wabup oleh kepada daerah berdasarkan usulan dari partai pengusung. Di Sumedang, partai pengusung Endang Sukandar dan Ade Irawan adalah PPP dan Partai Demokrat. Dua partai inilah yang akan mengusulkan dua calon wabup kepada plt bupati Ade Irawan untuk dipilih di DPRD.

Sumber : http://www.inilahkoran.com