Wacana Puskesmas DTP Cimanggung Dipertanyakan

by -285 views

Wacana Puskesmas DTP Cimanggung Dipertanyakan

Jatinangorku.com – Sejumlah pihak berharap pemerintah segera merealisasikan pembangunan puskesmas yang difasilitasi dengan tempat perawatan (DTP) di Kp. Cicabe, Desa Sindanggalih, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang. Hingga Minggu (22/9) kemarin, pembangunan puskesmas yang belum ada tanda-tanda akan segera terealisasi tersebut dipertanyakan warga.

Mereka berharap puskesmas segera direalisasikan untuk memberikan pelayanan kesehatan. Aparat pemerintah di daerah juga harus terus melakukan langkah untuk mempercepat pembangunan puskesmas tersebut.

Didi Rahman (45), warga Kec. Cimanggung, mengaku sangat mengharapkan realisasi pembangunan puskesmas ini. “Sudah lama masyarakat ingin ada puskesmas DTP di Kec. Cimanggung,” katanya kemarin. 

Menurutnya wacana pembangunan puskesmas DTP sudah lama terdengar. “Sudah lama diwacanakan, tetapi belum ada realisasinya,” katanya.

Dikatakan Didi, wacana pembangunan puskesmas DTP sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Warga mengetahuinya dari aparat desa dan kecamatan. “Terkait wacana pembangunan puskesmas tersebut, aparat desa dan kecamatan sempat melakukan sosialisasi. Hanya, hingga saat ini hanya wacana,” katanya. 

Menurutnya, sebaiknya pemerintah segera mewujudkannya. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh pergi mencari pelayanan kesehatan.

“Cukup di puskesmas yang ada. Selama ini, untuk rawat inap harus ke RSUD Sumedang atau RSUD Cicalengka. Berdasarkan informasi di lapangan, lahan untuk puskesmas DTP sudah ada. Tetapi tak kunjung dibangun,” katanya. 

Hal senada dikatakan Senjaya (42), warga Desa./Kec. Cimanggung. Menurutnya, dengan adanya pelayanan pembangunan puskesmas DTP sangat membantu masyarakat terutama warga miskin untuk mendapatkan layanan kesehatan prima. 

“Terus terang saja, saya sebagai warga setempat sangat mendukung adanya wacana pembangunan puskesmas DTP di Cimanggung,” katanya. 

Dikatakannya, dengan sarana dan prasarana di puskesmas DTP Cimanggung benar-benar bisa membantu masyarakat setempat dalam pelayanan kesehatan. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumedang, Retno Ernawati, S.Sos., M.M. saat dikonfirmasi mengatakan, rencananya puskesmas DTP akan direalisasikan pada tahun 2014.

Retno mengatakan, pembangunan akan dimulai setelah semua kelengkapan surat-surat tanah selesai. “Untuk pembangunan puskesmas DTP itu, pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan Kab. Sumedang akan mengeluarkan anggaran Rp 1,2 miliar,” terangnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com