Waduk Jatigede Menelan Korban, Dua Pemuda Tenggelam

by -47 views

Jatinangorku.com – Sejak pengisian air Waduk Jatigede 31 Agustus 2015 lalu, baru kali ini ada dua orang pengunjung hilang tenggelam di pinggir genangan Waduk Jatigede, tepatnya di Blok Cikuya Desa Cibogo, Kec. Darmaraja, Kamis (17/2/2016) sekira pukul 17.30.

Wartawan Kabar Priangan Nanang Sutisna melaporkan, dari data Kepolisian Sektor Darmaraja, identitas kedua korban yakni Ujang Mastur (17) warga Dusun Ciduging RT 02/RW 04, Desa Tarunajaya dan Imam Muhammad (27) warga Dusun Sukasari RT 01/RW 01, Desa. Cieunteung, Kec. Darmaraja.

Menurut Budi Lesmana (37) salah seorang warga Dusun Ciduging, Desa Tarunajaya, Kec. Darmaraja, awalnya ia melihat Ujang sedang berenang di pinggir genangan Waduk Jatigede. Ketika berenang, Ujang terlihat seperti mengalami keram, hingga tak lama kemudian akhirnya Ujang tenggelam. “Saat itu, terdengar suara Ujang minta tolong. Sepertinya Ujang kram saat berenang,” katanya.

Mendengar teriakan korban meminta tolong, kata dia, Imam yang saat itu berada di pinggir genangan, langsung berusaha menolong. Namun apa daya, karena Imam terlihat kesulitan dan berat ketika mengangkat korban Ujang, akhirnya Imam juga terbawa tenggelam. “Setelah itu, tak ada yang berani menolong kedua korban tersebut,” ujarnya.

Dengan kejadian itu, tim SAR yang sedang bertugas di Jalan Sumedang-Wado yang tergenang di Kampung Betokmunjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, bersama warga langsung berusaha mencari korban di lokasi kejadian. Namun, hingga pukul 19.30 pencarian kedua korban belum membuahkan hasil. Karena sudah malam, sehingga upaya pencarian dihentikan sementara.

Sementara itu, ketika dihubungi melalui telefon, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana mengatakan, BPBD akan menerjunkan 10 orang personel untuk membantu melakukan pencarian kedua korban, Kamis (18/2/2016).

Bantuan pencarian itu, bersama personel Polres Sumedang, SAR Provinsi Jabar dan Brimob Polda Jabar yang kebetulan sekarang sedang berjaga-jaga di ruas Jalan Sumdang-Wado yang tergenang Waduk Jatigede.

“Kami akan membantu melakukan pencarian bersama tim gabungan. Standar Operasional Prosedur (SOP)- nya, di bawah komando SAR Provinsi Jabar. Besok pun, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian dan SAR Jabar untuk pembagian tugas sekaligus memetakan beberapa titik lokasi untuk pencarian kedua korban,” kata Ayi Rusmana.

Ayi mengimbau kepada masyarakat di sekitar Waduk Jatigede untuk berhati-hati supaya tidak terjadi lagi kejadian serupa. Apalagi sekarang musim hujan. Proses pengisian air Waduk Jatigede dari Sungai Cimanuk, cukup melimpah sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat setempat. “Terlebih kejadian tenggelamnya warga atau pengunjung, baru pertama kali terjadi sejak Waduk Jatigede diisi atau digenang,” ujarnya. (Nanang Sutisna-Kabar Priangan,

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/