Wagub Jabar Pesimis Penjahat Lingkungan akan Kalah di Pengadilan

by -34 views

 

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menyambut baik hasil keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung yang memenangkan Koalisi Melawan Limbah (KML) atas gugatan mengenai tiga SK Bupati Sumedang terkait Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC) yang dilakukan tiga perusahaan.

Deddy mengatakan, kelompok aktivis lingkungan tersebut sudah melakukan hal yang benar. Namun, mereka juga harus bersiap-siap untuk kalah jika pihak tergugat mengajukan banding.

“Biasanya, di mana-mana setiap banding kalah. Ya, terus melawan saja,” kata Deddy kepada wartawan di Bandung, Rabu (25/5/2016).

Deddy bukannya bermaksud mengecilkan hati para penggugat, namun dia belajar dari pengalaman Pemkab Bandung yang menggugat perusahaan penyebab banjir di Jalan Raya Rancaekek.

Kata Deddy, jika pengadilan pada akhirnya memutuskan tergugat bersalah secara pidana, maka yang akan terjadi mereka hanya dihukum seringan-ringannya. Sedangkan jika kasusnya perdata, maka diduga kuat pihak penggugat akan kalah.

“Ya memang situasinya seperti itu. Belum ada sejarahnya penggugat untuk kasus seperti ini menang di pengadilan. Sama seperti Kabupaten Bandung kemarin,” pungkasnya.