Wagub Jabar Sebut Reklamasi Jakarta Dibangun atas Dasar Kemaksiatan

by -24 views

 

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyebut 17 pulau reklamasi di Jakarta dibangun atas dasar kemaksiatan. Demiz, sapaan akrab Deddy Mizwar menuding, batu dan pasir untuk reklamasi diambil dari wilayah Bogor Barat.

“Hanya untuk membangun 17 pulau reklamasi Jakarta utara. Jadi sebuah peradaban yang dibangun atas dasar kemaksiatan,” kicau Demiz melalui akun Twitternya, Senin (23/5/2016).

Menurutnya, sebuah peradaban tidak dibangun di atas sebuah kemaksiatan. Apalagi mengorbankan kepentingan masyarakat lain serta lingkungan yang ada. Demis menyebut, sekitar 80 persen batu dan pasir untuk reklamasi Jakarta diambil dari wilayah Jabar.

“Saat ini reklamasi Jakarta 80 persen eksploitasi batu, pasir, dan segala macam matrialnya dari Bogor Barat,” tulisnya.

“Janganlah membangun Jakarta dgn cara memindahkan bencana dan kemiskinan ke daerah lain!,” tambahnya.

Akibatnya, Demiz menyebut, kondisi jalan di Bogor Selatan hancur. Selain itu, pungutan liar (pungli) yang terjadi mencapai Rp 240 juta per hari. Diperkirakan, dalam satu tahun pungli mencapai Rp 80,4 miliar.

“Kondisi jalanannya di Bogor Selatan hancur untuk masyarakat serta punglinya mencapai Rp 240 juta sehari untuk delapan pihak,” twitnya.

“Walaupun saya tahu tidak akan menang, walaupun saya tahu jauh dari menang tapi saya akan melawan terus sampai saya mati!!!,” tulis @Deddy_Mizwar_.