Wagub: Miras Oplosan Bumerang Bagi Warga Jabar

by -29 views

Wagub: Miras Oplosan Bumerang Bagi Warga Jabar

Jatinangorku.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengaku khawatir dengan peristiwa tewasnya puluhan warga akibat mengkonsumsi minuman keras (miras) oplosan.

Pekan ini saja lebih dari 20 orang tewas dan puluhan lainya dirawat. Korban tersebut tersebar di beberapa wilayah Sumedang, Garut, dan Depok.

“Kondisi ini mengkhawatirkan. Jelas ini warning buat kita semua,” jelas Deddy kepada wartawan seusai menghadiri UMKM Wirausaha Bank Indonesia (WUBI Fest) 2014 di kantor perwakilan BI Wilayah VI Jabar & Banten, Bandung, Jumat (5/12/2014).

Pria yang akrab disapa Demiz ini mengaku langsung berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna mengantisipasi agar peristiwa serupa tak terulang lagi.

“Kita juga berkoordinasi dengan aparat di seluruh kewilayahan. Peristiwa ini merupakan hal luar biasa,” jelas Demiz.

Demiz mengatakan, peristiwa ini bisa menjadi bumerang dan peringatan penting bagi warga jabar. Pasalnya, Jabar dikenal dengan warga religius, tapi buktinya tidak terkontrol seperti ini.

“Makanya pengawasan harus ditingkatkan. Saya juga kaget. Saya kira ini bukan hanya miras tapi bisa narkoba juga. Karena semua mabok,” pungkasnya.

Seperti diketahui, korban tewas karena miras oplosan ini terjadi di waktu yang hampir bersamaan dalam sepekan ini. Di Depok tiga pria yang berprofesi tukang ojeg itu meregang nyawa lantaran miras oplosan.

Selanjutnya di Sumedang, korban miras oplosan terbilang luar biasa. Jumlahnya mencapai tiga digit atau 106 korban. Adapun korban tewas mencapai 9 orang. Mereka menegak miras oplosan yang beli dari tukang jamu. Polisi mengamankan satu tersangka yang diduga menjadi pengoplos, yakni pria berinisial D.

Untuk korban di Garut merupakan yang terbanyak. Korban yang masih berusia remaja – dewasa ini menegak miras oplosan jenis cerrybell. Jenis ini cukup berbahaya. Efek yang disebabkan bisa sesak napas, pusing dan muntah. Korban tewas di sini mencapai 16 orang

Sumber : http://www.inilahkoran.com/