Wakil Bupati Sumedang Buka Saresehan GP3M di Gedung Negara

by

Kebijakan pembangunan Kabupaten Sumedang yang merata diberbagai sektor akan terus dilakukan, termasuk terhadap pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Hal itu dibutuhkan guna mempercepat pembangunan berkelanjutan atau dikenal dengan SDGs (Sustainable Development Goals).

Dilihat dari peranannya yang begitu penting, maka sesungguhnya tidak ada alasan bagi ketidaksetaraan atau ketidakadilan gender dalam kehidupan, baik berkeluarga, bermasyarakat, berbangsna dan bernegara terhadap kaum perempuan.

Oleh karenanya, pola pendidikan terpadu masyarakat termasuk dengan peningkatan pendidikan yang dilakukan pemerintah pusat melalui Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) sepenuhnya didukung Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan pada saat membuka acara saresehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di Gedung Negara, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, program ini dapat dijadikan momentum strategis bagi Kabupaten Sumedang untuk dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Sumedang secara optimal.

“Pemberdayaan perempuan yang kita lakukan sudah pasti akan memiliki makna yang sangat penting, yakni menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam semua dimensi kehidupan,” ucap wakil bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia GP3M Sonson Nurikhsan mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama satu hari dikemas dalam bentuk kegiatan saresehan, lomba deville, pentas seni dan pameran produk dari tiap kecamatan. Kegiatan terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemendikbud RI dengan melibatkan beberapa stakeholder mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dengan dukungan dari jajaran pendidikan se-Kabupaten Sumedang.

Kegiatan itu juga bertujuan sebagai wadah untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan perempuan yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup yang berdampak pada peningkatan pendidikan dan kualitas hidup generasi berikutnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubdir Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemendikbud RI Dr. Cecep Suryana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Sonson Nurikhsan, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Sumedang dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari IPI, Korwas, HIMPAUDI, Forum PKBM, Forum LKP Forum TBM, GTKI, , PKK, PKHP, Vokasi, SKB dan Rumpin Al-Barokah. (Abas)

 

 

 

Sumber : https://eljabar.com