Walhi Desak Pemerintah Gulirkan Aturan Ketat Terkait Pembangun Sarana Komersil di Jatinangor

by

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar, mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengeluarkan aturan ketat terkait pembangunan sarana komersil di wilayah Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut dilakukan agar pembangunan sarana komersil di wilayah Kecamatan Jatinangor tidak semakin meluas hingga dan mengalih fungsikan ruang terbuka hijau (RTH).

 

Direktur Walhi Jawa Barat, Dadan Ramdan, mengtakan, beberapa gunung di Jatinangor, di antaranya Gunung Geulis, Gunung Aseupan, dan Gunung Manglayang, marak terjadi alih fungsi oleh pertanian atau perumahan komersil.

 

“Kami belum melakukan investigasi mendalam, namun kami lihat, di Jatinangor sudah marak sekali,” kata Dadan melalui sambungan telepon, Selasa (9/10/2018).

Dadan mengatakan, akibat dari perubahan tersebut, perlu dilakukan upaya rehabilitasi lahan untuk bagaimana kembali menghijaukan wilayah yang merupakan bagian dari Cekungan Bandung.

“Di Jatinangor ada taman keanekaragaman hayati di Kiarapayung, namun sama sekali tidak cukup, harus ada upaya strategis untuk sisi hijau di wilayah lainnya,” katanya.

 

Berdasarkan peraturan daerah tentang pengendalian kawasan sekitar Bandung Utara, di wilayah tersebut hanya sekitar 20 persen saja yang diperbolehkan untuk dibangun, sedangkan 80 persennya harus tetap menjadi lahan hijau.

“Justru lahan hijau jauh lebih sedikit, maka dari itu pengembang harus menaati aturan tersebut,” katanya.

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com