Warga Cihanjuang Terancam Kebanjiran Lagi, Tanggul Sungai Cimande Belum Diperbaiki

by -29 views

Tanggul Sungai Cimande yang berada di Desa Sindanggalih dan berdampingan dengan Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, dan beberapa waktu jebol hingga ini belum diperbaiki. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tribun, jebolnya tanggul Sungai Cimande tersebut berada di Blok Bojong Renghas dengan panjang sekitar 20 meter. Jebolnya tanggul tersebut sudah terjadi sejak kurang lebih dua pekan yang lalu.

Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf mengatakan, masyarakat Desa Cihanjuang terutama yang ada di Dusun Sukamanah dan Babakan Bandung saat ini terancam kebanjiran lagi jika hujan turun deras. 

“Rabu (15/3) lalu saja kan kebanjiran, air malah sampai 60 sentimeter. Air Sungai Cimande meluap dan merendam rumah warga lewat tanggul itu,” ujar Yuyus kepada Tribun di Kecamatan Cimanggung, Kamis (23/3). 

Yuyus menambahkan, jebolnya tanggul Sungai Cimande tersebut diakibatkan tidak dapat menahan derasnya arus sungai saat turun hujan deras beberapa waktu. Terlebih, Sungai Cimande sudah mengalami sedimentasi