Warga Galang Dana Untuk Perbaiki Jembatan yang Hubungkan 2 Kecamatan desa Cilayung di kecamatan Tanjungsari dan desa Cileles di kecamatan Jatinangor

by -50 views

Warga Galang Dana Untuk Perbaiki Jembatan yang Hubungkan 2 Kecamatan desa Cilayung di kecamatan Tanjungsari dan desa Cileles di kecamatan JatinangorKeadaan jembatan yang terancam putus membuat warga khawatir.

Jembatan tersebut menghubungkan dua desa di dua kecamatan, yaitu desa Cilayung di kecamatan Tanjungsari dan desa Cileles di kecamatan Jatinangor.

Bagi kedua desa, jembatan tersebut menjadi akses utama menuju sekolah, ladang dan sawah, ataupun pasar.

Warga mengaku sudah cukup lama dijanjikan perbaikan jalan oleh pihak-pihak terkait, seperti pemerintah maupun PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) -karena jalan tersebut merupakan tanah milik PT KAI.

“Tapi mungkin karena jauh dari jalan raya, jadi janji itu ya hanya janji, belum terus sampai sekarang,” ujar Dede Suryana (55) warga desa Cilayung.

Hal yang sama dikeluhkan Desi (26), warga yang sering melewati jembatan tersebut untuk menuju tempat kerja.

Desi mengaku waswas bila harus melewati jembatan kecil tersebut karena retakan dan lubang yang semakin besar.

“Takut lah, kalau sewaktu-waktu ambruk bagaimana?” Keluh Desi.

Dede Suryana mengaku, warga desa sebetulnya mau saja membetulkan jembatan secara swadaya, namun terbentur masalah biaya.

Menurutnya, kebanyakan warga kedua desa merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Untuk itu, warga menggalang dana untuk perbaikan jembatan dari sumbangan sukarela masyarakat dan pengguna jalan yang melintas.

“Tidak tahu sih terkumpulnya kapan, tapi yang pasti setidaknya kami berusaha, tidak seperti pemerintah yang hanya bisa janji,” ujar Dede. 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com