Warga Jatinangor Heran, Proses Izin Apartemen Begitu Mudah

by -32 views

Kebun Emas 486 x 60

JATINANGOR (29/01)

Seperti yang dilansir dari klik-galamedia.com, Sebagian besar masyarakat Jatinangor, Kab. Sumedang mengaku heran karena pembangunan apartemen di sejumlah titik di Kec. Jatinangor begitu mudah mendapat izin. Padahal sesuai aturan tata ruang, pembangunan rumah tinggi sifatnya terbatas.

Seperti yang diungkapkan Ismet Suparmat, tokoh masyarakat Jatinangor yang juga mantan anggota DPRD Kab Sumedang. Ia mengaku heran dengan proses perizinan apa pun bentuknya rumah tinggi di Jatinangor.

“Kita menduga proses izin sejumlah apartemen di Jatinangor tak sesuai aturan. Aneh IMB dari Pemkab Sumedang keluar setelah ada aktivitas pembangunan dan diduga tidak diimbangi dengan kepemilikan amdal dan amdalalin oleh pemohon izin tersebut,” kata Ismet kepada wartawan, Senin (28/1).

Menurut Ismet, tidak semua apartemen di Jatinangor tidak memiliki amdal dan amdalalin. “Namun dari hasil investigasi lapangan, ada juga pengembang apartemen menempuh sesuai prosedur. Hanya, sebelum IMB turun, lebih baik dilengkapi dulu amdal dan mmdalalin berdasarkan hasil kajian teknis dari aparat SKPD terkait,” katanya.

menurutnya, jika di kemudian hari ada pihak pengembang aparteman atau Pemkab Sumedang kerap berurusan dengan pihak berwajib yaitu Polda Jabar, itu hal yang wajar. Pasalnya pihak terkait pada saat proses pembangunan rumah tinggi tidak maksimalnya proses pembangunan sesuai aturan.

“Sekali lagi sangat berharap pihak pengembang harus bisa menyesuaikan diri. Jatinangor itu berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Jabar. Budaya musyawarah untuk mencapai mufakat itu, di Jatinangor masih dipakai. Kita pun menjamin persoalan tak akan muncul jika komunikasi terjalin antara pengembanhg dengan warga,” terangnya.

(B.115)**

Kebun Emas 486 x 60