Warga Jatinangor Kekurangan Air

by -109 views

Warga Jatinangor Kekurangan Air

Jatinangorku.com – Kekeringan mulai dirasakan sebagian warga di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Hal tersebut dikarenakan pasokan air yang berada di wilayah tersebut mulai berkurang. Sebagai antisipasi, para warga kini mulai membuat sumur jetpam.

Dikatakan seorang warga, Umar Wiratmaja (35), kekurangan pasokan air sudah terasa sejak tiga hari lalu. Menurutnya, sumur yang dulu dibuatnya kini sudah tidak menghasilkan air. Padahal kedalamannya mencapai 20 meter. Sumur bor diyakini bisa sedikit memberikan solusi. “Kalo enggak ada air seperti ini jadi susah. Air kan dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari,” kata Umar kepada “GM” di Jatinangor, Minggu (24/8).

Tidak hanya Umar yang tengah membuat sumur jetpam. Sebagian warga di dekat rumahnya pun sudah mulai membuat sumur jetpam sebagai antisipasi.

Sementara itu, warga lainnya, Mudin (50) lebih memilih membuat saluran air dari mata air kaki Gunung Manglayang untuk disalurkan ke rumahnya. Ia mengaku, jarak yang cukup jauh yaitu 200 meter dan biaya untuk membeli saluran air membuatnya menghabiskan uang jutaan rupiah.

“Walaupun jaraknya jauh, ini demi kebutuhan sehari-hari. Untuk membuat saluran itu saya sudah menghabiskan Rp 3 juta lebih,” terang Mudin.

Ia menambahkan, sebagai upaya mengantisipasi musim kemarau, lebih baik membuat saluran air dari kaki gunung daripada membuat sumur bor. Sebab air dari sumber mata air di kaki gunung tidak akan habis walaupun musim kemarau berkepanjangan.

“Kalau warga mau bergotong royong untuk membuat saluran tersebut, bagus sekali, karena air dari mata air itu sangat jernih. Dan banyak sumber mata air yang bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/