Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Kolonel Ahmad Syam Jatinangor, Bikin Bau Tak Sedap

by
Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Kolonel Ahmad Syam Jatinangor, Bikin Bau Tak Sedap
Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Kolonel Ahmad Syam Jatinangor, Bikin Bau Tak Sedap

Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dikeluhkan pengendara yang melintasi jalan tersebut.

TPS liar yang berada di depan Perumahan Puri Indah, berada di lahan kosong yang berdekatan dengan kompleks pertokoan, luas TPS tersebut seluas kira-kira 30 meter persegi atau satu meter dari badan Jalan Kolonel Ahmad Syam.

Bau busuk dari tumpukan sampah tersebut, tercium hingga radius 50 meter dan dihinggapi banyak lalat, akibatnya, pengendara roda yang melintas terpaksa menutup hidung untuk menghindari bau.

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (5/5/2019), sampah yang dibuang ke lokasi TPS liar itu, sebagian besar merupakan sampah domestik rumah tangga, berupa sampah plastik, kertas, sayuran, popok bayi, hingga potongan kain.

Seorang pengendara, Endang Kurnia (56), mengatakan, setiap hari ia melintasi jalan tersebut dan semakin mengeluhkan, lantaran menganggu pemandangan serta bau busuk yang kerap menusuk hidung.

“Apalagi waktu sampah itu dibakar, jalan ketutup asap, agak membahayakan karena itu dekat tikungan,” kata Endang di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Minggu (5/5/2019).

Seusai hujan mengguyur wilayah tersebut, sampah yang berada di TPS liar kerap tercecer hingga saluran drainase, meskipun ditutupi lembarang seng dan aroma busuk semakin tercium.

Warga sekitar, Aditya (38), mengatakan sampah-sampah tersebut diketahui berasal dari warga Perumahan Puri Indah dan beberapa warga kampung sekitar TPS liar, biasa dilakukan pada malam hari.

“Hampir setiap hari lihat banyak yang buang dan tidak habis-habis, padahal sering diangkut,” katanya.

sumber: tribun